Fun Fact

5 Tipe-Tipe Mahasiswa Setelah Sadar Salah Jurusan

Tipe-tipe mahasiswa setelah sadar salah jurusan ini pasti ada di sekitar kamu, atau bahkan itu kamu.

Ummu Rahayu6 Juni 2021

Well, penyakit sejuta umat mahasiswa di seluruh dunia adalah baru sadar salah jurusan setelah jalan beberapa semester. Bahkan, ada yang baru sadar setelah di tahun akhir. Banyak faktor dan banyak alasan soal ini, tapi apapun itu semua kembali ke bagaimana mahasiswa menghadapinya. Coba deh perhatikan, tipe-tipe mahasiswa setelah sadar salah jurusan ini pasti ada di sekitar kamu, atau bahkan itu kamu.

 

1. Tipe "Ya sudah lah"

Banyak calon mahasiswa yang tidak menggali betul apa yang akan dipelajarinya ketika kuliah nanti dan bagaimana prospek kerjanya setelah lulus nanti. Alhasil, saat kuliah sudah setengah jalan, baru sadar kalau jurusan tersebut bukan bidang yang mereka suka atau tidak mengarah ke profesi impian. But, karena sudah terlanjur, jadi ya sudah lah jalani aja. Daripada buang-buang biaya, soal passion dipikir entar deh sambil ngopi.

 

2. Tipe pingin cepat-cepat lulus

Ada tipe orang yang ingin cepat lulus supaya cepat lepas dari jurusan yang nggak disenanginya itu. Dengan begitu, dia nggak repot lagi mikirin perasaan orang tua. Bagi mereka, makin cepat lulus, makin cepat juga mengejar impian yang sebenarnya. 

 

3. Tipe belajar jalur samping

Nah, kalau mereka ini baru sadar salah jurusan tapi juga tidak menyerah pada kenyataan sepenuhnya. Mereka nggak mau buang biaya atau nggak punya tambahan biaya untuk pindah jurusan. Jalan tengahnya, tetap mempelajari bidang yang mereka suka di luar jam kuliah. Misal, dengan gabung organisasi, komunitas, kerja lepas, otodidak, atau ikut lomba. Mereka pun tetap bisa berkarya sesuai kehendak hati meskipun salah jurusan.

4. Tipe double degree

Well, kalau mampu kenapa enggak buat ngambil kuliah lagi? Ada tipe orang yang setelah semester akhir malah nyambi jadi mahasiswa baru. Sambil skripsi, sambil kuliah lagi dengan jenjang yang sama. But, kadang mereka gagal karena skripsi di jurusan awal malah ketinggalan karena sibuk dengan perkuliahan baru, apalagi kalau sambil kerja.  

 

5. Tipe mendadak menghilang

Tiba-tiba jarang masuk kelas. Tiba-tiba susah dihubungi. Lama-lama tinggal nama. Lama-lama dapat kabar ternyata orangnya ke pindah ke jurusan lain yang mungkin lebih dia sukai. Tapi ada juga yang nggak ada kabarnya sama sekali.

Oke, jadi gitu tipe-tipe mahasiswa setelah sadar salah jurusan. Kalo kamu tipe yang mana? Semoga nggak ada di semuanya ya.

Share:

0 Komentar