Pengetahuan

7 Keuntungan Bergabung dengan Asosiasi Profesi

Kenapa sih harus ikut? Berikut ini 7 keuntungan ikut Asosiasi Profesi.

Ummu Rahayu28 Mei 2021

Asosiasi Profesi Jasa Konstruksi atau Asosiasi Profesi merupakan organisasi dan/atau himpunan individu profesional dalam suatu bidang keilmuan tertentu di bidang Jasa Konstruksi, berbadan hukum, dan bertanggung jawab atas pembinaan dan pengembangan profesi tersebut (Permen PUPR Nomor 10 Tahun 2020).

Anak teknik bakal akrab dengan istilah ini di dunia kerja nanti. Nah, kenapa sih kita harus ikut? Berikut ini 7 keuntungan ikut Asosiasi Profesi.

1. Mempersiapkan masuk dunia kerja sejak dini

Beberapa Asosiasi Profesi seperti Ikatan Ahli Perencana (IAP) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) menerima anggota yang masih berstatus mahasiswa. Ini kesempatan kamu untuk mempersiapkan diri di dunia kerja sejak dini.

2. Lebih cepat mendapaykn informasi tentang keilmuan dan teknologi

Asosiasi Profesi biasanya melaksanakan program rutin seperti sharing, diskusi, seminar, pelatihan, atau workshop khusus anggota. Dari sini kamu bisa dapat banyak ilmu dan informasi terkini.

Kita sering nggak sempat mencari sendiri informasi atau update teknologi terkini. Dengan gabung asosiasi, biasanya ada saja anggota yang sukarela share informasi yang dia punya.

3. Belajar tentang politik yang berhubungan dengan asosiasi profesi

Asosiasi merupakan mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi. Asosiasi yang aktif akan turut andil dalam sosialisasi program pemerintah atau peraturan terbaru. Dari situ kita jadi tahu adanya perundangan terbaru terkait bidang keilmuan kita.

4. Update terkait isu-isu terkini

Penting buat kita tahu isu-isu yang sedang trending terkait bidang keilmuan kita. Isu terkini bisa jadi peluang atau dasar dalam mengusulkan proyek. Lewat kegiatan diskusi atau seminar yang diselenggarakan asosiasi, kita jadi melek topik terbaru.

5. Memperluas jaringan bisnis

Dengan bergabung di Asosiasi Profesi dan aktif mengikuti program rutinnya, kita akan bertemu dengan kawan-kawan se-profesi. Dari sini kita bisa menjalin komunikasi dengan anggota lainnya dan memperluas jaringan bisnis.

Jangan lupa branding dirimu dan komunikasikan karya serta potensimu.

6. Mendapatkan produk ekslkusif khusus anggota

Asosiasi Profesi kadang menerbitkan produk khusus untuk anggota misalnya buku, jurnal, atau prosiding seminar. Kontennya pun sangat khas dengan bidang keilmuan dan profesimu.

7. Menambahkan nilai jual

Keanggotaan Asosiasi Profesi akan menambah nilai jual di resume atau curriculum vitae kamu, apalagi kalau asosiasinya memang bergengsi. Asosiasi juga memiliki program sertifikasi yang diperlukan sebagai syarat kualifikasi personil proyek.

Sebelum daftar, baiknya pelajari dulu aktivitas asosiasi yang akan kamu ikuti. Pelajari apakah kegiatan asosiasi tersebut sudah sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Share:

0 Komentar