Teknologi

Google My Maps, Aplikasi Survey Gratis dan Mudah

Google My Maps, aplikasi survey yang gratis dan mudah dengan fitur lengkap.

Ummu Rahayu27 Mei 2021

Buat kamu yang anak lapangan, coba deh pakai Google My Maps aplikasi survey yang gratis dan mudah. Kamu nggak perlu lagi pakai GPS atau aplikasi survey berbayar. Ingat, Google My Maps ya, BUKAN Google Maps karena berbeda.

1. APLIKASI SURVEY BERBASIS CLOUD

Aplikasi ini berbasis cloud yang bisa dibuka di smartphone ataupun laptop. Seperti produk google lainnya, Google My Maps bisa diakses dengan akun Google satu orang atau lebih sehingga memudahkan buat kamu dan tim.

Pengguna bisa setting siapa saja yang bisa melihat dan siapa saja yang bisa mengedit. Jadi gampang deh kalau mau nunjukin titik lokasi ke pengguna lainnya atau hasil survey tim.

2. PETA DASAR terUPDATE

Google My Maps terintegrasi dengan Google Maps sehingga sudah cukup update lah ya. Sudah ada nama-nama jalan dan lokasi tertentu sebagaimana yang tampil di Google Maps.

Ada beberapa pilihan basemap seperti map, satellite, terrain, light political, mono city, simple atlas, light landmass, dark landmass, dan whitewater.

Tapi jangan senang dulu. Sebagaimana peta Google Maps, ada beberapa wilayah pedalaman yang tidak terjangkau citra satelit Google. Untuk survey di perkotaan, aplikasi ini memang oke.

3. SATU AKUN BANYAK PETA

Dengan aplikasi survey ini, pengguna bisa membuat banyak peta untuk berbagai proyek, serta mengatur akses pengguna lain pada setiap peta. Tinggal beri judul dan setting fitur sharing di setiap peta.

aplikasi google my maps
Tampilan Peta di Satu Akun My Maps (Dok. Penulis)

4. BISA BUAT BANYAK LAYER

Ada 10 layer yang bisa kamu buat di aplikasi peta gratis ini. Uniknya, tiap layer sudah dilengkapi dengan fitur data table.

google my maps
Fitur Data Table My Maps (Dok. Penulis)

6. BISA BUAT POINT, POLYLINE, POLYGON

Google My Maps memudahkan pengguna untuk membuat rencana dan hasil survey dengan fitur trashing point, polyline, dan polygon. Tapi, untuk garis dan bidang mending buat di laptop aja karena lebih gampang daripada di handphone lebih ribet.

Kamu juga bisa melihat panjang dan luas dari polyline atau polygon yang sudah dibuat. Selain itu, ada fitur mistar untuk mengukur panjang dan luas.

POINT, POLYLINE, POLYGON google my maps
Mengetahui Data Panjang dan Luas dari Atribut dan Mistar My Maps (Dok. Penulis)

7. SIMBOLOGI YANG UNIK

Pengguna bisa atur warna, ketebalan, dan transparansi poin, garis, atau bidang di aplikasi peta gratis ini. Ada banyak pilihan simbologi sesuai tema. Jadi, nggak perlu khawatir tim akan bingung dengan petamu.

8. MANAJEMEN SURVEY

Buat koordinator survey, kamu bisa manfaatkan fitur “add direction” untuk membuat rencana perjalanan sehingga timmu nggak bingung lagi mau ke mana dulu.

9. EKSPORT DATA

Peta yang sudah kamu buat bisa dieksport ke format KMZ atau KML sehingga gampang kalau mau olah data lebih lanjut.

Kalo begitu, oke ya, semoga bermanfaat.

Share:

0 Komentar