Fun Fact

3 Negara Asia Tenggara yang Cocok Untuk Magang bagi Anak Teknik

Sedang pusing cari magang? Kalau berani, ayo kita sama-sama mencoba ke 3 negara Asia Tenggara ini

Anda anak teknik angkatan tua atau fresh graduate? Sedang cari magang? Kalau iya, mungkin kita senasib ya.

Namun dengan kondisi yang sedang carut-marut begini, magang di Indonesia pun menjadi sulit.

Banyak perusahaan yang merekrut anak magang, namun angka persaingan menjadi sangat tinggi. Ditambah banyak sekali magang-magang yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Bukannya mendapatkan skill, ternyata magang hanyalah kedok untuk merekrut pekerja murah.

Nah, sebagai solusinya, kita bisa melihat ke luar negeri. Ada beberapa negara membuka banyak kesempatan magang untuk anak teknik. Berikut ini, 3 negara asia tenggara untuk tempat magang untuk Anak Teknik.

1. Vietnam

Negara yang berada di sebelah timur Thailand ini ternyata menawarkan banyak kesempatan magang. Bahkan, melalui kolom pencarian di LinkedIn, terdapat sekitar 290-an kesempatan magang.

Rata-rata merupakan kesempatan magang di bidang engineering. Hal ini juga dapat kita lihat dari perkembangan industri di Vietnam yang begitu pesat. 

Ditambah lagi, negara ini juga sedang melakukan perubahan dari energi fosil ke energi terbarukan secara besar-besaran. Tentunya sangat menguntungkan bagi anak teknik elektro, mekanik, dan serumpunnya untuk magang di Vietnam.

2. Malaysia

Tetangga serumpun Indonesia ini pun ternyata memiliki kesempatan magang yang cukup banyak. Jikalau berdasarkan kolom pencarian di LinkedIn, terdapat sekitar 2000-an kesempatan magang.

Kebanyakan dikuasai oleh bidang engineering dan serumpunnya. Hal ini tentunya dapat dimaklumi, jumlah industri di Malaysia tidak kalah banyak dengan Indonesia. Apalagi, negara yang terkenal dengan menara Petronas ini memiliki banyak investor asing.

3. Singapore

Nah, kalau ini sih tidak usah dipertanyakan ya. Negara yang identik dengan singa merlionnya ini surganya tempat magang untuk anak teknik.

Lewat kolom pencarian LinkedIn saja pun, lebih dari 2000-an lowongan magang yang didominasi secara mayoritas oleh bidang teknik. Apalagi, kantor-kantor StartUp besar seperti Shopee dan Grab pun berada di Singapura. 

Meskipun tidak memiliki banyak industri manufaktur, Singapura memiliki banyak perusahaan berbasis teknologi. Info magang yang berhubungan dengan Software Engineering dan IoT, digitalisasi dan Smart City lebih mudah ditemukan lowongan magang. 

Nah, sekiranya itulah 3 negara di Asia Tenggara yang bisa jadi pertimbangan anak teknik di Indonesia. Namun, ingatlah bahwa kita harus meningkatkan kemampuan diri terutama yang berkaitan dengan skill praktik. Penggunaan teknologi digital juga sudah seharusnya dimaksimalkan dalam rangka mencari magang.

Semangat untuk teman-teman anak teknik! Semoga rejeki beserta kita semua!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait