Pengetahuan

3 Skill Non-Teknik Ini Juga Penting Untuk Dipelajari Anak Teknik

Selain ilmu keteknikan, 3 hal ini juga penting untuk dikuasai oleh anak teknik

Anak teknik identik dengan ilmu yang berbau hitungan, analisa, logika, dan hal sulit lainnya. Selain itu, kita semua juga dituntut untuk bisa melakukan hands-on di lapangan.

Meskipun kita telah dijejali dengan ilmu yang ribet nan sulit, ada beberapa ilmu lain yang penting untuk dikuasai. Terutama jika kita hendak menanjak naik ke level yang lebih tinggi.

Di bawah ini akan diberikan 3 skill non-teknik yang penting untuk dipelajari oleh anak teknik.

1. Akuntansi Dasar

Kemampuan akuntansi atau keuangan memang merupakan cabang ilmu yang sangat jauh dari keteknikan. Akan tetapi, ilmu ini sebenarnya cukup penting untuk dikuasai. Setidaknya di level dasar.

Mengetahui laba dan rugi, penyusutan, bisa membaca laporan keuangan serta membuat anggaran sederhana sebenarnya sudah cukup. Hal ini nantinya akan berguna, jika kita berada di level manajerial dalam perusahaan.

Atau setidaknya, ketika kita diberikan proyek oleh suatu lembaga di tempat kita mengabdi. Kan gak mungkin, kamu mau penelitian, tetapi anggarannya terlampau tinggi. Yang ada, penelitian bisa-bisa ditolak. 

2. Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah kemampuan yang sering dianggap "dasar". Padahal, kemampuan ini juga memerlukan effort untuk dipelajari. Nah, sebagai anak teknik yang mau bergerak maju, kita juga harus bisa mengembangkan kemampuan ini.

Bukan hanya tentang bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan baik dengan orang lain. Tetapi, komunikasi yang dimaksud juga mencakup kemampuan untuk bisa memposisikan diri untuk menjadi tegas, lemah lembut, empati dan sebagainya juga penting.

Dengan kemampuan memposisikan diri, kita akan dapat bekerja dengan lebih nyaman bersama yang lain. Serta, kita bisa dipandang memiliki ketegasan dan wibawa dibawah subordinate, baik di perusahaan maupun di dalam proyek.

Ditambah lagi, kemampuan untuk menjelaskan sesuatu yang sangat rumit menjadi sesuatu yang sederhana. Hal ini akan sangat berguna, terutama ketika kamu melakukan presentasi di depan atasan atau konferensi. Mereka-mereka ini kan tidak mungkin mau tahu isi di belakang penelitian atau projek yang kamu kerjakan.

3. Menyajikan Data

Kemampuan menyajikan data yang baik juga merupakan skill umum yang wajib dimiliki oleh anak teknik. Kemampuan ini melingkupi menulis, membuat presentasi, dan juga membuat laporan untuk orang lain. 

Hal ini akan menjadi penting karena dalam level manajerial yang lebih tinggi dan dalam  banyak proyek penelitian.

Bagaimana data disajikan adalah kunci untuk menggaet investor untuk mendukung perusahaan atau penelitian. Selain itu, kemampuan menyajikan data akan membuat hal-hal yang terlihat sederhana, menjadi lebih menarik. Hal ini tentunya penting dalam banyak hal.

Di samping penyajian data, copywriting juga sebenarnya diperlukan. Hal ini akan membuat presentasi yang kamu berikan dapat terlihat lebih menarik. Kalau kamu sedang bekerja suatu hari nanti sebagai seorang Sales Engineer, hal ini tentunya  sangat menguntungkan. 

Setidaknya itulah beberapa skill non-teknik yang perlu dikuasai oleh anak teknik. Skill-skill ini sifatnya lebih kepada skill praktis dan bukan teoretis. Oleh sebab itu, seringkah melatih skill-skill non teknik ini agar di masa depan bisa memberikan manfaat.

Share:

0 Komentar