Teknologi

Diganti AI, 5 Pekerjaan Ini Akan Punah di Masa Depan

AI makin menggila, 5 pekerjaan ini bisa saja punah

Sekarang apa-apa sudah pakai robot. Trading lah, belajar lah, joki tugas lah. Selain kegiatan di atas, ada banyak hal lain yang bisa digantikan dengan kemunculan AI yang semakin masif. Nah, ada  kemungkinan 5 pekerjaan ini adalah pekerjaan yang akan hilang pertama kali.

1. Kasir

kasir

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau kasir akan menjadi pekerjaan yang punah di masa depan. Alasannya sederhana, error dalam input yang dilakukan manusia lebih besar dibandingkan mesin. Selain itu, pekerjaan yang repetitif seperti ini jauh lebih efisien secara ekonomi jikalau digantikan dengan AI atau robot. 

Ibaratnya, daripada kita harus menggaji manusia yang banyak nuntut tetapi pekerjaannya begitu-begitu saja. Lebih baik, kita membeli beberapa robot yang dapat digunakan untuk jangka panjang. Sayangnya, hal ini telah mulai diterapkan di banyak bidang dan lini kehidupan kita.

2. Supir

supir kendaraan berat

Self-Driving Car atau Autonomous Car adalah penemuan yang paling luar biasa di Dekade 2010-an. AI yang tadinya diperkirakan hanya untuk memindai, menghitung, dan sejenisnya. Ternyata juga dapat diterapkan untuk melakukan otomatisasi berkendara.

Ditambah dengan majunya ilmu ethics modern yang menyempurnakan peran AI dalam berbagai dilema moral, semakin menambah kesempurnaan AI pengemudi ini. Apalagi dengan penemuan 5G, sistem V2V (Vehicle to Vehicle) dan V2I (Vehicle to Infrastructure), membuat sistem autonomous car semakin efisien dalam hal berkendara.

Diperkirakan, banyak mobil telah berubah ke mobil elektrik. Yang sekarang ini sudah terintegrasi dengan otomatisasi berkendara. Di tahun 2030, kita tidak akan melihat adanya supir lagi. 

3. Pelayan 

pelayan di sebuah restoran

Dengan adanya robot pintar yang diintegrasikan dengan AI dapat mengenali nomor pelanggan. Pelayanan robot sudah bukan kemustahilan lagi.

Bahkan, di beberapa belahan dunia, kurir yang memiliki prinsip mirip dengan pelayan, juga tergantikan robot. Bentuknya bisa bermacam-macam, mulai dari drone hingga seperti baki berjalan digunakan untuk menggantikan peran pelayan. 

4. Pekerja Fast Food

pekerjaan di restoran cepat saji

Memasak dengan menggunakan AI semakin dimungkinkan. Apalagi kalau pekerjaan tersebut bersifat repetitif. Sudah pasti AI akan semakin merajalela penggunaannya.

Alasan penggantiannya sederhana, hal yang dilakukan oleh para pekerja restoran fast-food adalah hal yang sederhana. Lagipula, kecepatan adalah hal yang dijual dalam fast food. Yang sudah pasti robot bisa lebih cepat daripada manusia. 

5. PNS 

pns

Bukan sebuah rumor saja. Hal ini bahkan sudah dikonfirmasi oleh Presiden RI, Joko Widodo. Ya, di masa depan kemungkinan PNS yang berada di Eselon 3 dan 4 akan digantikan oleh robot. Alasannya, lagi-lagi mengenai efisiensi dan kualitas yang lebih baik jikalau digantikan dengan AI.

Nah, kalau kalian sadar teman-teman anak teknik, tidak ada satupun dari hal teknik yang akan tergantikan robot. Mengapa demikian? Karena kita adalah pelaku, pembuat, pendesain, dan juga pelaksana dari terciptanya robot-robot ini. Sudah saatnya untuk kita meng-upgrade diri sehingga di masa depan, kita bisa terus mengikuti kemajuan zaman yang ada.

Semangat menuntut ilmu dan semangat berjuang demi masa depan yang lebih baik!

Share:

0 Komentar