Fun Fact

Stop Jadi Anak Kos Miskin! 4 Pekerjaan Simpel Ini Bisa Nambah Pemasukan

Pusing makan mie instan tiap hari? Pusing minumin promag tiap akhir bulan? Tenang, artikel ini akan memberi kamu beberapa jalan keluar dari penderitaan di bilik nestapa.

Makan Indomie atau Promag sudah biasa bagi anak kos. Dengan duit seadanya, dan permintaan dari kampus begitu banyak membuat kantong ini menjerit. Namun, tenang, ada  4 pekerjaan simpel, yang bisa kamu lakukan bahkan tanpa harus keluar dari kosanmu. Tentunya bisa menambah pundi-pundi uang di rekeningmu.

1. Asisten Dosen

pekerjaan asisten dosen

Memang berat sih kalau yang satu ini. Selain harus pintar, harus merelakan diri untuk menghilangkan rasa gak enakan karena "membantai" teman sendiri. Tapi biasanya, jadi asdos adalah jalan keluar dari kemiskinan paling ajib. Bagaimana tidak? Kadang gaji sebagai asdos sudah bisa untuk makan selama 2 minggu. Sudah pasti kamu bisa hemat, mendadak tajir, dan makan enak di akhir bulan bukan mimpi belaka. 

2. Tutor Tempat Kursus

guru privat

Setali tiga uang dengan si asdos, untuk hal ini kamu harus punya skill tertentu. Tapi, menjadi tutor bukan hanya di tempat kursus saja. Kamu bisa buka tempat kursus sendiri dengan menjadi pengajar untuk mengajarkan pelajaran sekolah. Ya, dengan kata lain, kamu melatih lagi rumus atau teori dasar yang berguna di jurusanmu lah.

Serta yang harus dipertimbangkan adalah waktu antara ngerjain tugas dan ngajar les. Tapi, buat uangnya gak main-main, bosku! Kalau kamu mematok 35 ribu per anak per pertemuan, dengan asumsi 1 pertemuan 2 jam. Dalam waktu 8 jam, kalau kamu punya 3 anak didik saja, sudah kamu dapatkan 400-an ribu di tangan. Ini kan sudah sangat lumayan untuk membeli nasi padang 2 kali dalam seminggu. 

menjadi joki tugas

Pekerjaan haram, namun sebenarnya tidak juga. Ya, itulah joki tugas. Pekerjaan yang mengeksploitasi kebodohan dan kemalasan teman satu angkatan atau adik tingkat sangat menggiurkan. Dengan tarif yang lumayan seperti 8 ribu per soal, kamu bisa membawa 40 ribu dari 1 orang saja, dengan asumsi ada 5 soal. Dan sudah pasti biasanya tidak hanya 1 orang yang ingin dikerjakan. Biasanya sih senagkatan cuma 1-2 aja yang gak ngejoki, iya gak?

Dan bayangkanlah betapa banyaknya uang yang akan kau dapatkan dari sekali menjoki. Kamu hanya perlu mengerjakan sekali, menyalinnya ke kertas milik temanmu, lagi dan lagi. Uang datang terus! Mengalir! Passive Income pun didapatkan!

4. Affiliate Marketing

affiliate marketing untuk mahasiswa

Ya, dibanding yang lainnya, mungkin menjadi affiliate marketing adalah yang paling simpel prinsipnya. Kamu hanya perlu menawarkan barang atau produk dari untuk dibeli oleh orang lain. Apakah kamu perlu membeli barang tersebut? Oh tidak! Tidak perlu sama sekali!

Tapi, apakah uangnya banyak? Jelas!

Bahkan beberapa platform online pun sudah membuka lowongan affiliate kok. Dengan menjadi affiliate, orang yang membeli lewat kamu akan mendapat keuntungan, dan penjual pun akan cuan. Dan tentunya uangnya mantap jiwa!

Nah, sebenarnya sih ada beberapa hal lain seperti jadi pekerja cafe, penulis artikel online (seperti saya ini), menjadi admin page yang dibayar, part time online dsb. Tapi, menjadi pekerja cafe dsbnya memerlukan kemampuan fisik yang lebih. Karena jauh lebih capek. Kalau yang 4 di atas ini sih, kamu sembari rebahan pun bisa. Apalagi sekarang sudah banyak banget asdos yang mengajar secara online, ya lebih asik!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait