Opini

Waspada! 5 Hal Ini Bisa Bikin Kamu Gagal dalam Perkuliahan!

Menjadi mahasiswa abadi atau drop out adalah mimpi buruk semua mahasiswa. 5 hal ini bisa jadi salah satu penyebabnya

Menjadi mahasiswa abadi, atau bahkan Drop Out dari kampus adalah mimpi buruk yang tidak pernah diinginkan oleh satupun mahasiswa di dunia ini.

Berkuliah itu adalah anugerah, serta salah satu jalan untuk memperbesar kemungkinan menjadi sukses.

Namun, kehidupan selalu ada di atas dan di bawah. Terkadang ada hal-hal yang bisa menggagalkan mimpi kamu menggapai gelar sarjana.

Nah, 5 hal ini sebisa mungkin dihindari kalau kamu ingin sukses di perkuliahan dan lulus dengan gelar sarjana.

1. Kekurangan Dana

Ini adalah salah satu problem paling miris yang terkadang sangat kompleks permasalahannya. Bisa jadi karena datang dari keluarga yang kurang mampu, atau mungkin karena adanya kesalahan pengaturan keuangan dari mahasiswa itu sendiri. Namun, bukan tidak bisa diselesaikan.

Banyak beasiswa yang tersedia baik dari pihak pemerintah maupun swasta yang bisa diambil. Apalagi dengan melakukan kerja sampingan, setidaknya bisa untuk mencukupi kebutuhanmu selama perkuliahan.

2. Salah Jurusan

Salah satu masalah yang sangat fatal dan bisa menyebabkan kamu gagal adalah salah jurusan.

Meskipun beberapa orang berkata hal ini bisa diatasi, namun salah jurusan berakibat fatal bagi masa depanmu. Kamu bisa saja lulus dari perkuliahan, tetapi kamu tidak dapat apa-apa selama berkuliah.

Waktu 3-4 tahun terbuang sia-sia. Alangkah baik, dan jikalau memang memungkinkan, pindahlah ke jurusan yang kamu rasa sesuai dengan yang kamu inginkan. 

3. Konflik dengan Keluarga

Berkonflik dengan anggota keluarga bisa mempengaruhi segala tindakan yang kita ambil ke depannya. Kalau tidak diatasi, hal ini bisa menjadi penghalang jalan untuk lulus dengan baik.

Karena faktor psikologis tidak bisa dibohongi. Kalau masalah ini tidak diselesaikan, bisa juga berdampak ke hal-hal lain seperti ekonomi, semangat belajar yang menurun, dan hal sejenisnya.

4. Tidak Bisa Belajar Mandiri

Gampangnya, kamu bergantung kepada teman kamu. Mencontek, bekerja sama, menyalin tugas teman tanpa izin, plagiasi, dan juga hanya belajar dari dosen merupakan contoh kamu tidak bisa belajar mandiri. Kalau kamu sadar yang kamu lakukan masihlah seperti ini, belum terlambat.

Mulailah dengan membaca 1-2 halaman/presentasi per harinya. Tonton video tutorial di Youtube. Dan mulailah untuk tidak mencontek.

5. Terlalu Fokus Bekerja

Beberapa mahasiswa yang melakukan part-time terkadang menjadi lebih tergiur dengan uang.

Untuk apa saya berkuliah, kalau saya sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Begitulah pikir mereka. Tetapi, jikalau memang tujuan utama kamu adalah berkuliah, selesaikan.

Fokuskan dirimu dengan kuliah yang sedang kamu jalani. Part-time, freelance, atau kerja-kerja lainnya memang sangat dianjurkan untuk mengasah skill yang dipakai di dunia kerja.  Namun, perkuliahan yang sudah kamu ambil di awal haruslah diselesaikan.

Share:

0 Komentar