Pengetahuan

Yuk, Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengecek Kualitas Air Minum di Rumahmu!

Kini kita bisa memeriksa kualitas air minum dari rumah. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

Hi, engineers!!
Hi, environmentalist!!

Kamu pasti tahu air minum itu apa. Yup, air minum adalah air yang dikonsumsi oleh manusia sehari-hari. Menurut departemen kesehatan, air yang layak minum haruslah memiliki ciri-ciri seperti tidak berasa, tidak berbau, serta tidak mengandung mikroorganisme, bahan, ataupun zat berbahaya. Padahal saat ini air minum yang layak konsumsi bahkan sudah mulai sulit untuk ditemui. 

cara mengecek kualitas air minum

Lalu, apa cara yang boleh kita lakukan di rumah untuk memeriksa kualitas air minum? Yuk, kita bahas!

1. Amati warna dan zat yang ada di air rumahmu

Jangan hanya diamati sekilas, ya. Amatilah dengan membiarkan air minum di satu wadah, dan biarkan beberapa saat. Setelah itu, bawalah ke tempat dengan pencahayaan terang. Apabila warna air berubah menjadi kuning kecokelatan, bisa jadi itu dikarenakan pipa keran yang berkarat. Atau, ada kemungkinan bahwa air di rumahmu terkena polusi. Kalau kamu mendapatkan warna air yang keruh, berarti air di rumahmu mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi.

2. Cium aroma air

Kamu juga boleh memeriksa kualitas air minum di rumahmu dengan mencium aroma dari air tersebut. Ada beberapa tanda air dengan kualitas yang buruk.
a. Kalau kamu mencium bau seperti pemutih, ada kemungkinan ditambahkannya klorin (Cl) atau yang kita kenal dengan kaporit/pemutih ke dalam air tersebut.
b. Kalau kamu mencium bau seperti telur busuk, ada kemungkinan air tersebut mengandung banyak bakteri.
c. Kalau kamu mencium bau seperti bau tanah, ada kemungkinan benda organik yang terendam, mengendam, atau membusuk di dalam air tersebut.

3. Cobalah memeriksa rasanya

Kamu boleh mencoba memeriksa rasa air tersebut. Cobalah tanpa menelannya. Hala ini untuk mengantisipasi jika rasanya tidak enak, kamu boleh langsung mengeluarkannya. Bila rasanya seperti pipa, ada kemungkinan ini disebabkan karena karat pada pipa air. Namun, bila kamu merasakan seperti rasa pemutih, ini berarti air di rumahmu mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya jika dikonsumsi.

4. Periksa saluran pipa air

Langkah terakhir yang boleh kita lakukan di rumah adalah memeriksa saluran pipa air secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memeriksa dan mengantisipasi adanya karat pada pipa air di rumahmu.

Bagaimana? Cukup mudah, kan? Kamu boleh melakukan beberapa tips ini di rumahmu.

Jangan lupa bagikan informasi ini ke orang di sekitarmu, ya!
Yuk, kita sama-sama bergerak!
Karena Indonesia butuh aku.
Indonesia butuh kamu.
Indonesia butuh kita, Agent of Change. 

-Salam Lestari-

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait