Industri

Kenalan dengan Quantity Surveyor, Kerjaan yang Cocok dengan Fresh Graduate Teknik Sipil!

Yuk, kenalan dengan quantity surveyor peran besar dalam proyek konstruksi!

Yohanes Aditri13 Juli 2021

Apa itu quantity surveyor?

Quantity Surveyor adalah seorang profesional dibidang industri konstruksi yang memiliki pengetahuan dan ekspertasi dibidang biaya dan kontrak konstruksi. Dalam peranannya seorang quantity surveyor adalah sebagai penasihat biaya dan kontrak kontruksi.

Tanggung Jawab quantity surveyor?

Sebagai penasihat biaya seorang quantity surveyor memiliki tanggung jawab memberi masukan kepada pemilik proyek untuk optimalisasi biaya, strategi pembelanjaan, dan pengendalian biaya konstruksi, sedangkan sebagai penasihat kontrak quantity surveyor memiliki tanggung jawab untuk memberi masukan kepada pemilik proyek tentang metode kontrak yang sesuai dengan cara pembayaran dan waktu pelaksaanaan yang diinginkan dan memberikan masukan kontraktual kepada pihak penyedia dan pengguna jasa konstruksi untuk menghindari perselisihan. 

Quantity surveyor diperlukan dalam banyak sektor dalam pekerjaan konstruksi. Posisi ini diperlukan bagi pengguna dan penyedia jasa konstruksi. Bagi pengguna jasa konstruksi posisi ini bertanggungjawab atas penyusunan dokumen kontrak, penyusunan harga perkiraan sendiri (owner's estimate) dan membantu dalam pelaksanaan tender.

Pada penyedia jasa konstruksi posisi ini bertugas untuk menyusun harga penawaran untuk diajukan dalam proses tender, selain itu seorang quantity surveyor bagi penyedia jasa konstruksi bertanggungjawab kepada pemilik pekerjaan untuk optimalisasi biaya dan penyendalian biaya konstruksi.

Ada dua periode kerja seorang quantity surveyor, yaitu sebelum kontrak dan setelah kontrak. Kedua periode yang berbeda ini quantity surveyor memiliki tugas yang berbeda juga, pada masa sebelum kontrak quantity surveyor memiliki tugas merencanakan biaya dan melaksanakan tender, sedangkan setelah kontrak quantity surveyor memiliki tugas antara lain, membuat dokumen kontrak, menilai kemajuan pekerjaan, menghitung biaya tambah - kurang, menyusun laporan keuangan, menyusun laporan perhitungan akhir, dan membuat analisa biaya.

Baca juga : Bagaimana Cara Memenangkan Tender Proyek Sipil dan Kosntruksi? 

Spesialisasi quantity surveyor

Dalam melaksanakan semua tugasnya seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa spesialisasi quantity surveyor yang mungkin kamu bisa tekuni.

1. Estimator

Estimator bertugas untuk memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan dalam suatu pekerjaan konstruksi. Seorang estimator menghitung perkiraan biaya dari beberapa metode antara lain, memperkirakan biaya dari GFA (Gross Floor Area) atau total luas lantai yang akan dibangun dan dari gambar detail yang nantinya akan dibuat Bill of Quantity.

2. Procurement specialist

Procurement specialist adalah orang yang mengatur pembelanjaan barang dan jasa.

3. Contract engineer

Contract engineer bertugas sebagai orang yang membuat kontrak dan me - review kontrak yang disepakati pengguna dan penyedia jasa konstruksi. Seorang contract engineer bertanggungjawab untuk penyusunan dokumen tender, dokumen kontrak dan meninjau kontrak yang dibuat.

4. Cost control

Cost control adalah orang yang mengatur pemasukan dan pengeluaran biaya proyek. Seorang cost control bertanggung jawab untuk membuat laporan keuangan, menyusun dokumen perhitungan akhir, dan membuat analisa biaya agar mengetahui apakah biaya yang dikeluarkan telah optimal.

Berikut adalah sekilas tentang peranan quantity surveyor di dalam pekerjaan konstruksi.

Share:

0 Komentar