Teknologi

Tren dan Perubahan Terbaru Sektor Telekomunikasi Yang Harus Segera Diikuti

kemajuan teknologi membuat perubahan nyata pada sektor telekomunikasi yang harus segera diikuti

yunardhika10 Juni 2022

Sektor telekomunikasi kali ini terus menjadi pusat inovasi yang sangat kompetitif di pasaran. Pada pertengahan 2021, sektor telekomunikasi banyak membuat perubahan. Terlihat peluang strategis untuk tetap mengikuti tren di dunia telekomunikasi.  Beberapa contoh seperti teknologi VoIP, platform percakapan yang didukung AI, teknologi cloud, dan teknologi terbuka di pasar telekomunikasi.

Industri telekomunikasi saat ini tidak lagi sama sebelum pandemi. Terlihat dari penerapan ekspansi, kebijakan pembangunan, dan penggunaan teknologi lebih baik untuk bertahan dalam dunia industri. Beberapa tren telekomunikasi yang dikembangkan pada saat ini adalah:

1. Perluasan Penerapan 5G

Tidak hanya kecepatan yang luar biasa, 5G membawa banyak manfaat dalam industri komunikasi. Banyaknya jaringan komunikasi yang mendukung IoT, konektivitas berkecepatan tinggi, biaya lebih rendah, kecepatan ultracepat dan latennsi yang lebih rendah sehingga membuatnya handal untuk aplikasi manapun.

2. Perluasan Penerapan 5G

Tidak hanya kecepatan yang luar biasa, 5G membawa banyak manfaat dalam industri komunikasi. Banyaknya jaringan komunikasi yang mendukung IoT, konektivitas berkecepatan tinggi, biaya lebih rendah, kecepatan ultra cepat dan latency yang lebih rendah sehingga membuatnya handal untuk aplikasi manapun.

3. Machine learning dan Kecerdasan Buatan

Machine learning adalah salah satu tren telekomunikasi paling signifikan saat ini.

Menurut Forbes, "Telekomunikasi adalah salah satu industri dengan pertumbuhan tercepat yang menggunakan AI/ML dalam banyak aspek bisnis mereka mulai dari mpeningkatan  pengalaman pelanggan hingga pemeliharaan prediktif untuk meningkatkan keandalan jaringan.”

Seperti kita ketahui, data spesifik adalah hal yang sangat penting untuk perusahan telekomunikasi. Penggunaan machine learning yang tepat memungkinkan perusahaan menghasilkan data berharga dan  pengalaman pelanggan. 


4. DevOps

Devops bukanlah hal baru bagi perusahaan telekomunikasi. Namun, akan terus mengikuti tren telekomunikasi baik tahun ini maupun di tahun-tahun mendatang. DevOps di bidang telekomunikasi dengan cepat beralih ke platform virtualisasi.

Perusahaan telekomunikasi dapat terus menerapkan DevOps baru, canggih, dan sangat fungsional. Namun, ada kebutuhan untuk mengadopsi perubahan ini sambil menjaga stabilitas jaringan. Dengan DevOps, proses telekomunikasi ini bekerja secara efisien dengan cara yang lebih sinkron.

5. Konten Resolusi Tinggi

Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan smartphone telah meningkat signifikan. Apalagi tidak bisa dipungkiri kebutuhan akan koneksi internet yang handal juga semakin meningkat. Peningkatan konsumsi kualitas dan transfer konten berat sangat penting bagi bisnis telekomunikasi.

Tren telekomunikasi mencakup penggunaan konten beresolusi tinggi mendorong peningkatan kualitas media informasi, termasuk musik, video, dan gambar. Terjadi pula tren ke arah media informasi seperti augmented reality dan virtual reality. Konten resolusi tinggi butuh transmisi berkecepatan tinggi dengan latensi rendah untuk membangun jaringan telekomunikasi berkapasitas tinggi.

Apakah Anda siap mengikuti tren telekomunikasi?

Telekomunikasi memiliki semua peluang untuk tumbuh dan unggul. Mengadopsi tren ini dapat membentuk realitas baru dengan memanfaatkan kekuatan teknologi nirkabel modern. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait