Opini

BookTok: Tren Baca atau Konsumtif?

BookTok di TikTok bikin minat baca naik drastis dan penjualan buku melonjak. Tapi, apakah tren ini bikin kita lebih konsumtif dan fokus ke buku populer saja? Penasaran dampaknya ke dunia literatur?

Catherine Bonita12 September 2024

Sosmed tuh udah bener-bener jadi bagian hidup kita sehari-hari, kan? Nah, ngebahas soal popularitasnya, TikTok tuh udah jadi favorit banget buat banyak orang. Menurut data yang dirilis sama App Figures bulan Agustus 2023, TikTok itu jadi aplikasi yang paling banyak diunduh dengan total 54 juta unduhan. Nah, kalau kita ngitung jumlah unduhannya secara keseluruhan, produk dari perusahaan ByteDance ini udah diunduh sekitar 3,3 miliar kali di tahun 2022 lalu.

Salah satu hal yang bikin TikTok seru adalah tiap hari pasti ada tren baru yang muncul. Mulai dari video joget kocak sampe ocehan meme yang bikin ketawa, bahkan ada tren-tren yang ngangkat isu-isu 'serius' kaya BookTok. Nah, BookTok ini udah ngehasilin lebih dari 220 miliar views, lho! Jadi, buat yang suka baca atau yang pengen coba-coba mulai baca, bisa banget nyari inspirasi dari sini. Ini adalah bukti bagaimana TikTok punya pengaruh besar dalam menentukan selera pembaca di dunia maya.

Booktok di Aplikasi TikTok
Sumber: Unsplah

BookTok itu kayak komunitas seru di TikTok yang fokus sama obrolan-obrolan soal buku. Di lingkungan kreatif kayak gini, nggak cuman jadi tempat bagi pengguna TikTok buat kasih saran buku keren aja, tapi juga tempat menceritakan cerita pengalaman pribadi yang bisa bikin kita terinspirasi banget. 

Dengan video pendek yang keren abis dan deskripsi yang bikin kepikiran, BookTok tuh jadi tempat keren banget buat para pembaca buat eksplorasi buku-buku baru dan berbagi pikiran sama komunitas yang makin lama makin rame aja. Keren banget kan gimana BookTok bisa bikin dunia literatur makin asik dan nggak terbatas buat dinikmati sama semua orang.

Satu hal yang bikin BookTok menarik banget tuh gimana cara ngebahas buku-buku. Jadi bukan cuma sekedar review gitu loh, tapi mereka bener-bener nyeritain gimana mereka ngerasain buku yang mereka baca. Mulai dari tangisan, teriakan, sampe ketawa-ketawa, semuanya diungkapin dengan tulus banget. Jadi, gitu kan, pengalaman baca jadi lebih kaya dan pandangan kita tentang buku dan penulisnya jadi lebih luas lewat TikTok. Keren banget kan, bisa eksplorasi emosi gitu bareng-bareng sama orang lain yang suka baca juga.

BookTok tuh bener-bener mempengaruhi industri penerbitan dan literasi.  Jadi, selain bikin kita pada makin ngerti soal buku, BookTok juga bikin para gen-Z dan pembaca baru pada kepo sama literatur. Gara-gara kontennya yang kece dan gampang diakses, BookTok bisa ngebuat minat baca kita melejit dan ngasih relevansi baru buat buku-buku yang biasanya mungkin gak kita perhatiin. 

Asiknya lagi, BookTok bikin orang yang jarang beli buku fisik jadi kepingin mampir ke toko buku lagi, loh. Nah, baru-baru ini ada survei yang nunjukin kalo hampir setengah responden pada mampir ke toko buku fisik buat beli buku yang mereka lihat di BookTok.

Selain itu, ada laporan dari Barnes & Noble yang bilang kalo penjualan buku naik banget loh, sekitar 14 persen pada tahun 2020. Ini bener-bener sejalan sama waktu pertama kali BookTok mulai heboh seperti laporan dari The New York Times.

Gak cuma itu aja, bestie, Penguin Random House juga turut terlibat dalam kegilaan ini, mereka kayak nyambungin hubungan promosi mereka sama platform TikTok #BookTok di bulan September 2022. Wah, bisa dibilang BookTok ini bener-bener jadi power player, ya, dalam meramaikan industri penerbitan dan ngebantu literasi lebih banyak lagi di jaman digital kayak gini. Seru, kan?

Ngomongin BookTok, jangan lupa bahwa ini juga jadi tempat yang oke buat para pembaca buat share opini dan pengalaman mereka tentang buku. Seru banget, kan? Diskusi-diskusi yang sering banget muncul di platform ini bener-bener bisa nambahin wawasan kita tentang berbagai genre dan penulis. 

Nah, yang lebih keren lagi, di sini kita bisa ketemu sama orang-orang dari berbagai latar belakang dan pengalaman. Jadi, bisa deh saling ngobrol, ngasih saran, dan nyemangatin satu sama lain dalam cari-cari buku yang bikin penasaran. 

Oh ya, ada satu lagi nih yang keren dari BookTok. Jadi, BookTok membuka kesempatan baru bagi banyak penulis dan penerbit yang baru untuk mendapatkan perhatian yang lebih besar. Jadi, bayangin aja, ada banyak karya bagus yang bisa lebih dikenal berkat BookTok ini. 

Tapi, yah, nggak semuanya tentang hujan pujian sih. Ada juga yang ngasih kritik dan kontroversi ke BookTok. Mereka bilang, BookTok ini malah bikin orang jadi konsumtif dan impulsif, kayaknya bikin orang belanja tanpa mikir panjang.

Saat kita terus terpaku pada tekanan untuk selalu ikut tren yang lagi ngetren di BookTok, jangan kaget kalau kita bakal tergoda buat terus-terusan beli buku baru dalam jumlah yang banyak, tanpa mikirin nilai atau kualitasnya. Gini nih, masalahnya, hal kayak gini bisa bikin kita lupa sama nilai dan kualitas dari karya sastra yang sebenernya penting dan dalam. 

Kita malah lebih fokus pada buku yang lagi ngetren daripada yang bener-bener bisa bikin kita mikir dan merenungin, kan? Jadi, gimana sih caranya biar kita tetep bisa menikmati buku tanpa harus selalu terjebak sama tren?

Terakhir, ada juga kritik tentang BookTok dapat mempengaruhi selera baca pembacanya. Beberapa orang khawatir kalo BookTok bakal bikin pembaca lebih cenderung memilih buku-buku yang lagi ngetren daripada menjelajahi karya-karya lain yang lebih beragam.

Jadi, ada kemungkinan bahwa pembaca jadi terbatas dalam pengalaman membaca mereka, cuma mengikuti arus tren dan estetika, tanpa benar-benar mendalami kekayaan literatur yang tersedia. Nah, makanya, kita perlu selalu punya pikiran kritis dan selektif ya, biar bisa menikmati buku tanpa terpengaruh oleh tren atau estetika aja

Share:

0 Komentar