Teknologi

Manfaat Penggunaan Teknologi PLTS Yang Ramah Lingkungan

Semakin tahun, pemakaian listrik semakin banyak, sehingga kemungkinan untuk terjadinya krisis listrik masih bisa terjadi.

Muhammad Haryo Pambudi13 Januari 2024

Kehidupan sehari-hari kita sangat bergantung pada energi listrik. Semakin tahun, pemakaian listrik semakin banyak, sehingga kemungkinan untuk terjadinya krisis listrik masih bisa terjadi.

Hal ini menyebabkan biaya listrik dari tahun ketahun semakin meningkat, karena adanya pembengkakan beban penggunaan. Oleh karena itu diperlukan teknologi yang dapat membantu manusia untuk dapat menggunakan energi listrik dalam jangka panjang.

Saat ini sudah ada Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau disingkat PLTS yang dapat dimanfaatkan untuk mengaliri listrik dengan tenaga cahaya matahari. Melalui PLTS ini, cahaya matahari yang ditangkap akan dikonversi menjadi energi listrik dan disimpan oleh alat. Sehinga sewaktu-waktu dapat digunakan ketika terjadi pemadaman listrik konvensional.

Saat ini penggunaan masih diminati bagi sebagian kalangan masyarakat skala perumahan, masih jarang digunakan oleh industri karena kehadiran genset sebagai cadangan energi listrik yang masih sering digunakan hingga saat ini.  

Manfaat PLTS Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Menghemat Pengeluaran

Dengan kehadiran PLTS di rumah sendiri, pengeluaran di rumah bisa lebih hemat, khususnya dalam penggunaan listrik rumah tangga. Penggunaan PLTS hanya mahal di awal saja, lalu untuk perawatannya cukup terjangkau. Energi listrik dari PLTS dapat digunakan bersamaan dengan listrik konvensional serta dapat diatur mengenai penggunaannya.

Ramah Lingkungan

Energi listrik yang dihasilkan oleh PLTS yaitu berasal dari cahaya matahari yang dikonversi menjadi energi listrik. Berbeda dengan penggunaan listrik konvensional yang masih menggunakan bahan bakar yang sifatnya terbatas dan juga dapat menyebabkan polusi udara. Dengan menggunakan PLTS, dapat mengurangi emisi gas rumah kaca akibat dari penggunaan bahan bakar fosil yang selama ini masih digunakan.

Memantau Penggunaan Energi Listrik

Penggunaan energi listrik yang tidak terkendali dapat menyebabkan biaya listrik bulanan membengkak, ketika masih menggunakan listrik konvensional, kita hanya mengetahui dengan uang segini kita mampu mengisi daya listrik sebanyak sesuai dengan nominal yang kita bayarkan, namun tidak dapat mengetahui pemakaian listrik. Dengan menggunakan PLTS kita dapat memantau penggunaan energi listrik agar dapat menghemat pemakaian energi listrik.

Dapat Menjangkau Area Kecil

Hingga saat ini, masih ada beberapa di Indonesia yang belum teraliri listrik dengan baik, karena berbagai keterbatasan yang dimiliki. Oleh karena itu PLTS dapat menjadi solusi untuk menjangkau daerah terluar, terdepan, dan tertinggal karena prosesnya tidak terlalu ribet.

Itulah beberapa manfaat PLTS yang ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi alternatif listrik konvensional.

Share:

0 Komentar