Pengetahuan

Jangan Panik, Lakukan Tips Aman Ini Saat Mati Lampu!!

Mati listrik adalah sebuah keadaan ketiadaan penyediaan listrik di sebuah wilayah. Penyebab teknis dapat berupa kerusakan di gardu listrik, kerusakan jaringan kabel atau bagian lain dari sistem distribusi, sebuah sirkuit pendek, atau kelebihan muatan

Listrik sangat diperlukan bagi kehidupan manusia. Padahal, hampir semua yang ada di rumah menggunakan energi listrik untuk berfungsi.

penggunaan lampu di malam hari

Listrik juga bergantung pada masyarakat untuk dapat menjalankan aktivitasnya. Mulai tidur, bekerja, bersantai, belajar, dan banyak lagi. Namun, pemadaman listrik terjadi melalui notifikasi PLN atau karena faktor lain. Misalnya, di beberapa daerah terjadi banjir, kebakaran, sambaran petir di gardu induk, dan putusnya aliran listrik. Gerhana ini pasti akan membuat orang merasa tidak nyaman untuk beraktivitas.

Sangat tidak menyenangkan ketika ada pemadaman listrik di malam hari. Saat ini, dapat dikatakan bahwa semua penerangan didasarkan pada lampu bertenaga. Dengan kata lain, suasana makin tidak aman ketika pemadaman listrik pada malam hari.  suasana secara alami menjadi sangat gelap. Jadi apa yang bisa kita lakukan di rumah saat lampu padam? Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika pemadaman listrik di malam hari.

1. Hubungi pusat panggilan

Tips yang perlu diingat adalah menekan 123. Jika terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan, hubungi Call Center 123 PLN.

Hubungkan ke bagian Customer Service PLN, laporkan kronologisnya, dan tanyakan apa penyebabnya. Anda juga perlu mengetahui interval waktu dan waktu ketika tidak ada catu daya. Mengetahui tips pemadaman listrik membantu Anda mengambil langkah untuk menghabiskan malam tanpa listrik. 

2. Gunakan lampu hazard

​Selanjutnya, ingat tip pemadaman listrik: membeli lampu darurat. Lampu darurat lebih aman dan praktis daripada lilin. Dan mengurangi risiko kebakaran atau mengancam keselamatan Anda. Anda dapat memilih dan menyalakan opsi lain, seperti senter atau lampu smartphone.

3. Cabut semua kabel dari stopkontak listrik dan matikan kunci kontak.

Setelah menerima penerangan sementara dari keadaan darurat, lepaskan semua kabel elektronik dari stopkontak. Serta matikan semua sakelar penerangan.

Saat daya dimatikan, matikan semua perangkat elektronik dan lanjutkan pengoperasian. Saat daya kembali, semua elektronik yang terhubung ke konektor hidup kembali secara otomatis.

Situasi seperti itu dapat merusak perangkat elektronik dan sekering listrik rumah tangga. Yang letaknya berada di dekat kWh meter. Oleh karena itu, penting untuk melepaskan sementara semua kabel dari konektor.

mematikan laptop pada sata pemadaman listrik

4. Matikan laptopmu

​Jika terjadi pemadaman listrik saat menggunakan laptop Anda. Tip untuk menginterupsi adalah dengan segera mematikan laptop Anda.

Melihat lampu di layar laptop Anda saat listrik mati dapat memperburuk. Simpan semua tugas ke laptop Anda dan matikan segera.

5. Pastikan ponsel cerdas Anda tetap menyala

terus terhubung dengan ponsel

​Ini harus akrab dengan tips pemadaman listrik.  Anda akan membutuhkan smartphone tidak hanya untuk penerangan, tetapi juga untuk komunikasi. Terutama ketika pemadaman listrik di malam hari. Anda bisa menghubungi keluaraga dan pihak lain ketika terjadi masalah. 

Anda perlu memastikan ponsel cerdas Anda terisi penuh dengan baterai. Oleh karena itu, hidupkan smartphone Anda, tetapi jangan menggunakannya untuk menghemat daya baterai.

6. Nyalakan lilin atau sumber api

​Tips eclipse sering digunakan untuk menggunakan lilin. Jika lampu hazard berdaya rendah, Anda juga dapat menggunakan lilin atau api. Gunakan itu sebagai sumber cahaya jika terjadi pemadaman listrik. Namun, Anda harus mewaspadai potensi bahaya penggunaan lilin yang relatif besar.

Kecerobohan dapat memicu bahan mudah terbakar dan menyebabkan kebakaran. Jadi berhati-hatilah saat menggunakan lilin. Jangan menyalakan lilin di dalam rumah saat Anda berada di luar atau tidur. Namun, jika karena alasan tertentu Anda benar-benar perlu menyalakan lilin. Misalnya, jika Anda masih memiliki anak bayi, coba letakkan lilin di tempat yang cukup luas.

7. Perhatikan diri sendiri dan keamanan rumah

​Saya tidak tahu apa yang akan terjadi ketika lampu padam di malam hari. Tips pemadaman listrik berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah keselamatan diri. Saat rumah menjadi gelap, orang yang tidak jujur ​​bisa menyelinap masuk ke rumah Anda. Pencurian sering terjadi saat terjadi pemadaman listrik.

Karena itu, saat tidur dan di dalam ruangan, pastikan jendela dan pintu tertutup rapat. Selain itu, perlu untuk memastikan keselamatan kendaraan seperti sepeda motor. Pastikan kendaraan masuk ke dalam rumah. Kejahatan dapat dengan mudah terjadi ketika listrik dimatikan. Jika terjadi pemadaman listrik, hindari berjalan ke tempat sepi. Bisa jadi Anda mendengar dari orang yang merencanakan kejahatan.

8. Jangan buka kulkas

melihat persediaan makanan

​Saat listrik mati, jangan lupakan keadaan lemari es dan makanan yang disimpan. Menjaga pintu lemari es tetap tertutup menjaga makanan tetap dingin selama 48 jam. Oleh karena itu, tips pemadaman listrik ini perlu Anda lakukan agar tidak membuka pintu kulkas saat listrik mati. Selama 2-3 jam, lemari es dapat menjaga makanan tetap segar dan tahan lama di dalam lemari es.

9. Keluarkan bahan dan pisahkan

mengecek ketersediaan makanan

Jika pemadaman listrik terjadi lebih dari 3 jam, keluarkan makanan dari lemari es. Masukkan ke dalam kotak pendingin yang berisi krim kocok atau es batu. Anda perlu memisahkan bahan dari kulkas berupa daging dan sayuran. 

10. Setelah menyala kembali, hidupkan perangkat elektronik satu per satu.

​Mungkin masih banyak yang menganggap usulan pemadaman listrik ini sepele. Pada umumnya orang langsung menyalakan alat elektroniknya setelah listrik dinyalakan kembali.

Perilaku ini tidak tepat karena dapat membawa banyak arus sekaligus. Sebaliknya, nyalakan elektronik satu per satu, mulai dari yang paling penting, seperti lampu. Tunggu sekitar 3 menit sebelum menyalakan TV atau kulkas. Cara ini juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya korsleting.

​ 

 

Share:

0 Komentar