Teknologi

Keren! Fitur Baru Apple untuk Support Pengguna Penyandang Disabilitas

Perusahaan Apple akan merilis beberapa fitur yang mengimplementasikan kecerdasan buatan untuk memudahkan pengguna disabilitas, seperti apa fitur barunya?

Fitur baru Apple akan dirilis pada akhir tahun 2024 di iOS 18 loh. Kerennya, fitur baru ini termasuk fitur aksesibilitas yang mana memang difokuskan untuk membantu para penyandang disabilitas dalam mengoperasikan produk-produk Apple. Hal ini selaras dengan komitmen jangka panjang perusahaan Apple untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna produk Apple.

Apa saja fitur-fitur aksesibilitas baru yang akan diluncurkan?

Eye Tracking

Fitur ini menggunakan kamera depan untuk mendeteksi mata pengguna dan didukung dengan kecerdasaran buatan/artificial intelligence dalam mengolah data-data yang diberikan. Tenang aja, data kamu pasti aman dan ngga akan dibagikan oleh Apple kemanapun. Fitur ini bisa memudahkan pengguna penyandang disabilitas dalam mengontrol iPad atau iPhone. Dengan menggunakan pergerakan mata, pengguna bisa mengakses tombol, menggeser layar, dan mengaktifkan elemen lainnya.

Music Haptics

Fitur ini memudahkan pengguna dengan penyandang disabilitas tuli dalam menikmati musik dengan mendengarkannya melalui indra peraba. iPhone memiliki Taptic Engine yang berfungsi untuk memutar musik dengan ketukan dan getaran halus di audio musik. Fitur ini tentunya berfungsi di banyak lagu yang tersedia di katalog Apple Music. Dari informasi yang tersebar, akan disediakan API bagi para pengembang agar fitur ini lebih mudah diakses di aplikasi yang dibuat oleh para pengembang.

Vocal Shortcuts

Pengguna iPhone maupun iPad bisa mengucapkan kalimat-kalimat khusus yang mudah dipahami Siri untuk mengakses aplikasi dan melakukan hal-hal lainnya tanpa menyentuh layar. Didukung dengan fitur baru "Listen for Atypical Speech" agar pengguna bisa memberikan ucapan dengan rentang yang lebih luas. Listen for Atypical Speech menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk mengenali pola ucapan pengguna. Fitur ini sangat bermanfaat bagi pengguna dengan kondisi cerebral palsy, tuna netra, amyotrophic lateral sclerosis (ALS), atau stroke.

Vehicle Motion Cue

Nah, kalau fitur ini bermanfaat bagi pengguna yang menggunakan iPhone atau ipad saat berkendara loh. Fitur ini menampilkan titik-titik animasi bergerak di tepi layar yang disesuaikan dengan gerakan kendaraan, dengan begitu pengguna bisa fokus melihat layar bagian konten utama sambil berkendara. Fitur ini bisa diatur agar muncul secara otomatis di perangkat atau dapat dinyalakan dan dimatikan di Pusat Kontrol.

Itu dia beberapa fitur disabilitas yang bakal segera dirilis! Keren banget sih inovasi nya yang memanfaatkan kecanggihan kecerdasan buatan yang makin berkembang ini. Makin ga sabar buat mencoba fitur terbarunya deh, hehe.

Share:

0 Komentar