Pengetahuan

5 Tips Penting Ketika Memberi Tanda Tangan Digital

Pandemi ini, kita lebih sering melakukan pengesahan berbagai dokumen secara digital. Nah, ini ada tips untuk kamu yang akan melakukan tanda tangan secara digital.

Nuril Hidayah13 September 2021

Masa pandemi ini membuat semua kegiatan dilakukan secara online. Tanda tangan merupakan salah satu hal yang sering dilakukan untuk keabsahan dokumen. Era digital ini ikut mendukung untuk melakukan tanda tangan secara digital.

Nah, sebelum kita melakukan tanda tangan digital, ada beberapa tips nih untuk tanda tangan secara digital dengan tepat. Yuk, mari kita simak.

1. Cek isi dokumen terlebih dahulu

menegcek isi dokumen
Sumber Foto: unsplash.com/DocuSign

Penting banget nih buat kalian untuk cek secara teliti dokumen yang akan ditandatangani. Periksa kembali informasi yang ada dan identitas kalian secara rinci. Selain itu, teliti juga untuk instansi yang terkait.

Tujuan dari validasi ini agar kita dapat dengan mudah verifikasi orang atau instansi yang akan menerima dokumen tersebut. Periksa juga untuk integritas data pada dokumen tersebut. Pastikan dokumen yang telah kalian tanda tangan tidak dapat diubah atau diedit oleh siapapun.

Hal tersebut untuk memastikan dokumen terlindungi. Hal tersebut juga sebagai metode cross-check oleh instansi atau pemerintah terkait.  

2. Apa perbedaan tanda tangan digital dengan elektronik?

tanda tangan digital
Sumber Foto: unsplash.com/SignaturePro

Nah, siapa nih yang sering menyebutkan kalau tanda tangan digital itu sama dengan tanda tangan elektronik? Ternyata ada perbedaan, lho. Melansir dari Lawdepot.com, tanda tangan digital dengan elektronik terdapat perbedaan di bagian keamanan data, lebih tepatnya di bagian enkripsi data.

Dokumen digital akan memungkinkan pengguna untuk menandatangani dengan secara langsung, biasanya melalui stylus atau ujung jari di layar sentuh. Sementara itu, tanda tangan elektronik tidak memiliki fitur enkripsi yang sama seperti tanda tangan digital 

3. Tanda tangan digital diakui secara hukum

perlindingan hukum
Sumber Foto: pexels/CQF-Avocat

Wah, ternyata tanda tangan digital sudah diakui secara hukum. Benar sekali, tanda tangan digital dapat diterima secara hukum ketika Electronic Signatures in Global and National Commerce Act (E-Sign Act) disahkan pada tahun 2000. Sementara itu, pada tahun 1999 disahkan EU Directive for Electronic Signatures di Uni Eropa.

Hal tersebut mengartikan bahwa tanda tangan digital pada dokumen hukum diakui secara valid dengan tanda tangan tulisan tangan. 

4. Kelebihan dan Kekurangan tanda tangan digital

kelebihan dan kekurangan tanda tangan digital
Sumber Foto: unsplash.com/Kelly Sikkema

Nah, kalian juga perlu tau nih apa saja kelebihan dan kekurangan tanda tangan secara dgital. Kelebihan tanda tangan digital tentu lebih mudah dan efisien, tidak perlu memakan waktu yang lama. Selain itu, lebih praktis karena kita bisa mengerjakan hanya dengan gadget kalian. Tidak perlu juga untuk mengerluarkan banyak kertas, sehingga kalian lebih hemat. 

Sementara itu, untuk kekurangannya sendiri terletak pada fitur keamanan data yang ada. Teknologi yang digunakan memungkinkan siapa saja membuat tanda tangan orang lain untuk digunakan pada dokumen yang ilegal. Perlu untuk kalian memastikan tanda tangan tersebut tidak bisa dipindahtangankan sembarang orang atau instansi. 

5. Rekomendasi aplikasi untuk tanda tangan digital

aplikasi tanda tangan digital
Sumber Foto: pexels/cottonbro

Ada beberapa rekomendasi aplikasi tanda tangan digital yang bisa kalian gunakan, diantaranya:

  • Adobe Fill Sign
  • DigitalSignature: E-Signature
  • DocuSign
  • SignEasy
  • PrivyID
  • WPS PDF Fill & Sign

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa kalian gunakan secara gratis. Kalian bisa mengakses dengan mudah melalui smartphone atau komputer kalian. Semoga tips tadi membantu kalian untuk mengetahui hal penting sebelum melakukan tanda tangan secara digital. Sudah berapa banyak dokumen yang kalian tanda tangani secara digital?

 

Share:

0 Komentar