Pengetahuan

5 Karakter Wajib Untuk Meningkatkan Kemampuan EQ

Emotional intelligence atau Question intelligence (EI/EQ) atau banyak disebut dengan kecerdasaan emosional merupakan

Minir8 November 2021

Kecerdasaan merupakan sebuah impian semua orang baik dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum. Dimana peranan dari kecerdasaan tersebut sangat berpengaruh dan bermanfaat untuk Anda yang ambis dengan prestasi akademik maupun non-akademik. Namun apakah Anda menyadari dengan semua tingkah laku yang berkaitan erat dengan emosional yang harus bisa dikendalikan dengan baik?

Adapun pengertian EQ dan IQ adalah?

Emotional intelligence atau Question intelligence (EI/EQ) atau banyak disebut dengan kecerdasaan emosional. Menurut psikolog terkenal Daniel Goleman, kecerdasaan emosional mempengaruhi tingkat kesuksesan seseorang dengan persentase mencapai 80 persen. Beda halnya dengan intelligence Question yang berpengaruh dalam kesuksesan sebesar 20 persen. 

Terdapat 5 kemampuan yang ada di dalam EQ itu sendiri, meliputi sebagai berikut:

SELF AWERENESS

Kemampuan untuk mengenali diri sendiri adalah sebuah senjata  mengukur tingkatan emosi, kelebihan, kekurangan, dan batasan diri sendiri. Anda bisa mengelola self awareness dengan cara menunjang tingkat emosional yang Anda miliki. Caranya yaitu melakukan sebuah rutinitas aktivitas tertentu.

EMPHATY

Selain pandai untuk mengelola emosi, Anda perlu memahami akan tingkat emosioal orang lain. Seminim-minimnya Anda perlu mampu mengenali emosional dari orang lain. Dengan memiliki pemahaman mengenal emosi orang lain, maka dapat mempermudah menyamakan frekuensi dengan orang lain. 

SELF REGULATION

Kemampuan untuk mampu mengendalikan diri dalam berbagai macam tindakan yang berkaitan dengan emosional. Hal ini meliputi tindakan yang baik ataupun tidak baik. Dalam hal ini, Anda harus mampu mengendalikan emosi agar mencapai kestabilan emosi yang baik. 

SOCIAL SKILL

Kemampuan beradaptasi perlu ditonjolkan, karena hal ini dapat mempengaruhi citra Anda didepan publik. Selain itu juga cara untuk memperluas relasi dengan sesama untuk menjadi lebih baik. Terutama disana era digitilisasi saat ini kita harus mampu menyeimbangkan kemampuan emosional saat beradaptasi di dunia maya atau digital.

MOTIVATION.

Tingkat emosi Anda dipengaruhi oleh seberapa besar motivasi Anda dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Anda perlu menjaga kestabilan motivasi agar mampu mengelola emosial dengan baik. Hal ini bisa Anda lakuakan dengan selalu berfikir positif terhadap segala hal dan menyaksikan konten-konten yang dapat meningkatkan mood motivasi Anda saat beraktivitas.

Kemampuan EQ memiliki banyak manfaat untuk menunjang segala aktifitas kita sehari-hari. Dengan kata laIn, EQ banyak membahas tentang tingkat kematangan emosi AGAR mampu mengelolanya dengan baik. Serta menjadikan tingkat emosional menjadi sebuah kecerdasaan.

Share:

0 Komentar