Industri

6 Macam-Macam Departemen Yang Ada di Mining Industry

Department-departement yang ada di sektor Mining Industry

Minir19 September 2021

Departemen menjadi sangat penting dikarenakan perannya sangat vital terhadap sistem tata kelola management agar mempermudah mengelola sub-bidang sektor dari sebuah perusahaan, terutama di industri pertambangan.

departemen di mining industry

Berikut penulis mencoba menyajikan beberapa departemen yang ada di sebuah perusahaan mining industry yang pastinya wajib untuk anda ketahui sebagai anak teknik tambang. adapun penjelasannya sebagai berikut ini.

1. Departemen HRGA

Departemen HRGA ini merupakan departemen yang bertanggung jawab total atas merencanakan, dan memonitoring proses dan kelayakan serta kebutuhan yang dibutuhkan oleh para pekerja di mining industry yang meliputi gaji karyawan, pengembangan karyawan, hingga pemberian benefit dan kompensasi para karyawan perusahaan. Departemen HRGA biasanya memfokuskan kerja di area jobsite sebuah perusahaan pertambangan..

2. Departemen finance

Uang merupakan sesuatu hal yang paling didambakan dan harap-harap cairnya oleh para pekerja pertambangan, namun tahu tidak sih ada departemen khusus yang menangani masalah keuangan yaitu departemen finance. Departemen keuangan memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan dan melakukan pengelolaan bisnis di industri pertambangan.

3. Departemen operation

Sistem operasional dan produksi tidak akan pernah berjalan jika tidak ada departemen operasi, yaa betul sekali departemen ini bertanggung jawab penuh atas seluruh kebijakan sistem dan pengaturan yang meliputi proses produksi antara lain, penebangan, penimbunan, dan kegiatan penunjang mining industry lainnya.

4. Departemen Safety Health Enviroment/K3.

Mengurangi angka kecelakan tidaklah mudah lebih khusus lagi bila menanganinya di area pertambangan yang dapat kita ketahui area ini merupakan area kerja yang sering menimbulkan kecelakaan kerja yang dapat menimbulkan banyak kerugian. Departemen K3 lah bertanggung jawab andil atas sistem manajemen, mengontrol, dan mengevaluasi dari manajemen K3LH.

5. Departemen plant and maintenance

Kendaraan dapat siap pakai dan layak digunakan serta unit selalu dalam keadaan prima dan performa yang stabil merupakan tugas yang diemban dari departemen plant dan maintenance. Tidak berhenti disitu, departemen ini juga harus mampu berkolaborasi dengan departemen produksi dan keuangan agar mampu mengelola biaya perbaikan seefektif mungkin dan mampu mencapai target produksi. 

6. Departemen engineering

Siapa sangka mine plan engineer, blast engineer, data science engineer, dan surveyor engineer merupakan satu rumpun dan dari departemen yang sama yaitu departemen engineering. Departemen ini yang bertanggung jawab atas tercapainya target produksi sebuah perusahaan.

Share:

0 Komentar