Pengetahuan

Sejarah Asuransi di Indonesia yang Perlu Kamu Tahu

Penting sekali untuk setiap orang tau sejarah asuransi, yang saat ini menjadi hal yang wajib dan dibutuhkan oleh setiap orang.

Minir18 September 2021

SEJARAH ASURANSI DI DUNIA

Asuransi Berasal Dari Bahasa Belanda yang sering disebut “verzekering”, yang artinya pertanggungan. Berbeda halnya menurut pasal 246 K.U.H Dagang yang menyatakan sebagai berikut: Asuransi merupakan suatu perjanjian kepada seseorang penanggung mengingatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menrima suatau premi, sebagai pengganti kepadanya yang diharapkan dapat mengurangi beban penederitaan yang dialaminya.

Salah satu pakar yang terkenal bernama Prof. Mehr dan Cammack  juga menyatakan arti dari sebuah asuransi adalah sebuah alat yang dugunakan untuk mengurangi nilai resiko keunagan, yang dilakukan dengan cara pengumpulan unit unit exposure dalam jumlah yang cukup. Agar kerugian dapat diminimalisir.

Jika dari pengamatan ekonomi asuransi merupakan suatu pengumpulan dana yang dilakukan dab dapat dipakai untuk menutupi serta memberi ganti rugi kepada orang yang sedang mengalami musibah kerugian.

Sejarah asuransi dimulai pada abad 14 masehi. Namun beberapa teori mengatakan bahwa asuransi sudah mulai ada sebelum abad ke 14 masehi berlangsung. Kemudian dilanjutakan pada abad 17 masehi asuransi mulai ada di bangsa inggris.

Gagasan munculnya asuransi ini dikarenkaan munculnya asuransi kebakaran yang melanda kebakaran pada tahun 1666 masehi yang tepatnya di kota london, inggris. Berawal mula dari situlah perkembangan asuransi mulai berkembang pesat keseluruh penjuru dunia pada abad 18 masehi, persebaranya meliputi jerman, prancis, dan juga amerika serikat.

 

 

SEJARAH ASURANSI DI INDONESIA

Diindonesia perkembangan asuransi bermula ketika penjajah belanda datang keindonesia yang dahulu disebut nederlands indie. Asuransi yang muncul dikarenakan berhasilnya bangasa belanda dalam sektor perdanganagn dan perkebunan diindonesia. Perkembang pesat dimulai ketika perang dunia kedua dimulai dan pada saat perang dunia kedua terjadi justru kegiatan perasuransian terhenti.

Bataviasche verzekerings unie (BVU) Adalah sebuah badan yang pertama kali berdiri diindonesia untuk menangani masalah asuransi, yang masa operasional nya berlangsung pada tanun 1946. Pada saat itu sistem asuransi masih belum dapat dikatakan baik dalam proses tata kelolanya dikarenakan beberapa kendala-kendala yang terjadi saat itu.

Perkembangan selanjutnya dimulai tahun 1950, ada sebuah  perusahan yang pertama kali berdiri dibidang asuransi namun mengalami kerugian yang cukup besar. Hingga perusahan tersebut pada tahun 2004  menjadi PT. MAIPARK. Selain itu perusahan asuransi yang ada harus mampu bersaing keta denga perusahaaan asuransi yang lebih unggul dan jauh lebih baik.

Dari timbulnya banyak kerugian-kerugian yan terjadi pada perusahaan asuransi membuat para pengusaha seolah sudah tidak memiliki harapan untuk mampu bangkit. Namun dimasa itu pemerintah tidak tinggal diam, pemerintah dengan segala kebijakan dan regulasinya mencoba untuk bisa memajukan sektor asuransi diindonesia.

Hingga tahun 1953 perusahan swasta nasional mencoba untuk bergerak kembali dibidang asuransi  yang ada diindonesia. Namun tetap saja premi yang dikeluarkan justru jauh lebih besar. Menanggulangi dari hal tersebut  muncul sebuah perusahaan PT. Reasuransi Umum.

Share:

0 Komentar