Fun Fact

MCB dan ELCB, Alat Proteksi Listrik yang Wajib Ada di Rumah Kamu

Salah satu hal yang sangat penting dalam instalasi listrik adalah peralatan proteksi untuk mencegah bahaya-bahaya yang tidak diinginkan. MCB dan ELCB merupakan alat proteksi yang wajib dipasang pada instalasi listrik rumah kamu.

Akbar25 Mei 2021

Listrik merupakan hal yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari kita, namun bukan berarti listrik tidak berbahaya sama sekali. Banyak gangguan-gangguan yang dapat terjadi pada instalasi listrik yang dapat membahayakan seperti hubung singkat atau korsleting, beban lebih, arus bocor, dan lain-lain.

Gangguan-gangguan tersebut dapat menyebabkan kebakaran atau kesetrum yang dapat berakhir menyebabkan kematian. Oleh karena itu penting pada instalasi listrik dipasang peralatan proteksi untuk melindungi dari bahaya-bahaya tersebut.

Pada instalasi listrik rumah tangga wajib ada dua alat proteksi yang dipasang, yaitu MCB dan ELCB. Apa perbedaan keduanya?

 

Apa Itu MCB?

Apa itu MCB

 

MCB (Miniature Circuit Breaker) adalah alat proteksi yang berfungsi untuk memutus arus listrik apabila terjadi arus lebih. Arus lebih dapat disebabkan oleh hubung singkat ataupun beban lebih. Pemilihan rating MCB disesuaikan dengan daya terpasang pada pelanggan, mulai dari 2 A, 4 A, 6 A, 10 A, 16 A, dan seterusnya. 

Perhitungan sederhana dalam pemilihan rating MCB adalah sebagai berikut.

Rating MCB = Daya Terpasang/Tegangan Nominal

Rating MCB = 900 VA/230 V

Rating MCB = 3,9 A ≈ 4 A

MCB pada pelanggan dengan daya terpasang 900 VA akan trip apabila pemakaian dayanya melebihi 900 VA atau terjadi hubung singkat yang menyebabkan arus listriknya melebihi 4 A, begitupun untuk pelanggan dengan daya terpasang lainnya.

Apakah MCB dapat melindungi manusia dari kesetrum? Tidak dapat, karena MCB memiliki rating arus yang besar yang melebihi batas kemampuan manusia menahan arus listrik. Oleh karena itu dibutuhkan alat proteksi lain yang dapat melakukannya, yaitu ELCB.

Batas kemampuan manusia menahan arus listrik
Batas Kemampuan Manusia Menahan Arus Listrik

 

Apa Itu ELCB?

apa itu eclb

 

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) atau RCCB (Residual Current Circuit Breaker) adalah alat proteksi yang berfungsi untuk memutus arus listrik saat terjadi kebocoran arus listrik. ELCB akan trip apabila terdapat perbedaan arus pada kawat fasa dan kawat netral. 

Contohnya saat kamu menyentuh kawat fasa. Saat menyentuh maka arus mengalir melalui tubuh kamu dan menuju tanah, arus tersebut tidak terdeteksi pada kawat netral sehingga terdapat perbedaan arus pada kawat fasa dan kawat netral yang mengakibatkan ELCB trip.

ELCB umumnya memiliki 2 macam sensitivitas arus bocor, yaitu 30 mA dan 300 mA. ELCB dengan sensitivitas 30 mA digunakan untuk melindungi manusia dari kebocoran arus atau kesetrum sedangkan ELCB dengan sensitivitas 300 mA digunakan untuk melindungi peralatan dari kebocoran arus.

Apakah ELCB dapat bekerja sebagai proteksi arus lebih seperti MCB? Dapat, namun rating ELCB jauh lebih besar dibandingkan dengan MCB yaitu mulai dari 25 A. Karena itu pelanggan rumah tangga sebaiknya menggunakan MCB sebagai proteksi arus lebih dan ELCB sebagai proteksi kebocoran arus.

 

Gimana? Udah paham belum kegunaan dari MCB dan ELCB? Oh iya, ada juga alat proteksi gabungan MCB dan ELCB yaitu RCBO (Residual Current Circuit Breaker With Over Current Protection).  Buat kalian yang masih hanya memakai MCB di rumahnya, yuk mulai pakai ELCB juga agar terhindar dari bahaya kesetrum.

Share:

0 Komentar