Fun Fact

7 Pekerjaan Kreatif yang Mungkin Cocok untuk Anak IT

Kamu lulusan IT yang mungkin sekarang lagi bingung mencari pekerjaan yang tepat, bisa terjun di dunia industri kreatif ini

Sebutkan salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati karena memiliki prospek yang menjanjikan dalam dunia kerja? Satu di antara adalah Teknik Informatika. Hal ini wajar, mengingat dunia kerja selalu membutuhkan orang-orang IT. Bisnis yang terintegrasi dengan teknologi tentu akan membantunya meningkatkan produktivitas yang ada. Efisiensi dan efektivitas kerja bisa dengan mudah didapatkan dengan kehadiran teknologi.

Terlebih dengan semakin menggilanya Artificial Intelligence menjadi tekanan tersendiri untuk setiap perusahaan bisa mendapatkan sumber daya manusia yang tepat . Tidak heran jika hampir di setiap perusahaan selalu punya orang-orang IT nya tersendiri. Bahkan, penyebarannya tidak hanya pada pekerjaan bersifat teknis, seperti menjadi technical support, engineer, web atau mobile developer, tapi juga terjadi pada pekerjaan pekerjaan non teknis namun masih berkaitan. 

Data menunjukkan bahwa hampir 100% lulusan IT tidak bekerja langsung di dalam industri IT. Didapatkan dari Alkademi.id per tahun 2022, hanya 2% dari 600.000 lulusan IT dari 25 program studi berbeda di perguruan Tinggi seluruh Indonesia bekerja di industri yang bersinggungan langsung dengan IT. 75% sisanya bekerja di industri yang tidak bersinggungan langsung dengan IT.

Apakah ini baik atau tidak?. Mungkin MinTek akan membahasnya lebih lengkap pada artikel berikutnya. Yang jelas, ini jadi pertanda bahwa menjadi lulusan IT itu benar-benar memudahkan kita untuk masuk ke dalam berbagai jenis bidang industri. Salah satunya adalah industri kreatif.

Melansir dari Binus, industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan keterampilan, kreativitas, dan bakat yang dimiliki individu dalam menciptakan karya dan lapangan pekerjaan. Mereka-mereka yang bekerja di industri ini, dapat kita sebut sebagai pekerja kreatif.

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui Tetapi Memiliki Prospek Cerah

Pekerja kreatif merupakan mereka yang juga bisa kita sebut well-rounded person. Mereka bisa menghadapi masalah dan mencari solusi dari berbagai disiplin ilmu, dimulai dari seni, teknologi, ilmu sosial dan lain-lain. Di jurusan IT, sebenarnya kita juga mempelajari sedikit dari ilmu seni, dan ilmu sosial. Terutama saat kita mulai memasuki pembelajaran akan mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer atau Perancangan Antar Pengguna. Mata kuliah tersebut mempelajari seni merancang program yang mudah dimengerti dan eye catching.

Tidak heran jika kebanyakan, lulusan IT memiliki kemampuan desain yang cukup mumpuni. Tidak heran juga jika lulusan IT banyak menghiasi persaingan di industri kreatif ini. Jadi jangan minder jika kamu lulusan IT tapi kerja di industri kreatif.

Baca Juga: 5 Film yang Wajib Mahasiswa Tonton Sekali Seumur Hidup

Nah, untuk kamu lulusan IT yang mungkin sekarang lagi bingung mencari pekerjaan yang tepat, bisa terjun di dunia industri kreatif ini. Sebagai referensi, berikut ini MinTek akan berikan 7 pekerjaan kreatif yang mungkin cocok untuk Anak IT. Penasaran apa saja?, simak baik-baik artikel ini ya!

1. Digital Marketer

Berada di urutan pertama ada digital marketer. Sesuai dengan namanya, digital marketer adalah mereka yang bertugas melakukan pemasaran menggunakan tools digital. Tools digital dapat berupa proses data enrichment untuk tujuan mendapatkan lead dan konversi. Seperti Meta Ads, Google Ads atau TikTok Ads. Adapun pekerjaan sebagai digital marketer ini memiliki kaitan erat dengan Tata Kelola atau Audit IT.

Anak anak IT yang memilih jurusan Sistem Informasi pasti akrap dengan penerapan elemen teknologi di dalam bisnis.

2. Desainer Grafis

Berikutnya adalah desainer grafis. Pekerjaan ini mengharuskan kita untuk dapat memahami bagian-bagian penting dari desain. Seperti dapat memahami baik elemen ruang, value, formal dan prinsip desain. Pekerjaan ini bisa diisi lulusan IT karena sangat menguasai proses desain sistem yang mumpuni. Memiliki pemahaman yang bagus terhadap mata kuliah Grafika Komputer. Sebuah mata kuliah dari jurusan Ilmu Komputer yang mempelajari tentang pembuatan dan manipulasi gambar secara digital.

3. Content Marketer

Hampir mirip dengan yang pertama, hanya saja pekerjaan ini mengharuskanmu memahami elemen content marketing.  Yakni content pillar dan juga distribusi konten. Di sini, kemampuanmu dalam menyusun dan layouting konten dipertaruhkan. Kamu yang memiliki pemahaman baik dalam bidang grafika komputer bisa dengan mudah memenuhi standar kualifikasi untuk pekerjaan ini.

4. Social Media Specialist

Berikutnya adalah social media specialist. Social media specialist adalah pekerjaan yang mengharuskanmu untuk bisa menciptakan konten digital menarik untuk didistribusikan pada media sosial. Sekilas social media specialist ini mirip dengan content marketer. Yang membedakannya adalah social media specialist memiliki ruang lingkup pada media sosial. Social media specialist memiliki tanggung jawab lebih untuk proses analisis dan rencana konten.

Untuk kamu yang memiliki pemahaman yang baik dalam mata kuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi dan juga Analisis dan Desain Objek, bisa melamar pekerjaan ini.

5. Content Writer

Di nomor 5 ada Content Writer. Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini mengharuskan kamu untuk bisa menuliskan sebuah konten. Konten yang dituliskan sendiri beragam, bisa berupa brief rencana konten. Di dalam dunia kerja pekerjaan ini banyak dicari, terlebih yang spesifik pada kemampuan penulisan konten sesuai kaidah SEO friendly. Kamu yang suka mempelajari Analisis Desain Sistem Informasi serta rajin mencatat hal-hal penting yang perlu diketahui oleh end user, bisa mencoba melamar pekerjaan ini.

6. Script Writer

Menjelang akhir, ada script writer. Script writer adalah seseorang yang bertugas untuk dapat menuliskan skenario akan konten audio-visual seperti film, acara TV, radio, games dan yang sejenisnya. Di dalam prosesnya, script writer juga terkadang menggambarkan storyboard yang menjelaskan tentang karakter tokoh, dialog, monolog dan kegiatan yang akan dilakukan. Pekerjaan ini cocok untuk kamu lamar terlebih jika kamu memiliki pemahaman Interaksi Manusia dan Komputer yang kuat. Perlu diketahui bahwa di awal-awal mata kuliah ini kamu akan mempelajari tentang tata cara penulisan skenario atau storyboard yang tepat untuk proses development aplikasi tertentu.

7. Fotografer/Videografer

Terakhir adalah fotografer atau videografer. Tanpa perlu panjang lebar MinTek menjelaskannya, kamu pasti sudah tahu akan pekerjaan ini bukan? Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang memiliki pemahaman kuat akan Pengolahan Citra dan yang sejenisnya.

Baca Juga: 7 Pertanyaan yang Wajib Kamu Tanya Sebagai Pelamar Kerja Pemula

Inilah penjelasan lengkap tentang 7 Pekerjaan Kreatif yang Mungkin Cocok untuk Anak IT. Ikuti terus MinTek di blog Anakteknik.co.id untuk dapatkan insight menarik lainnya ya. Semoga bermanfaat!

Share:

0 Komentar