Pengetahuan

Potensi Energi Biomassa yang Ada di Indonesia

Biomassa merupakan salah satu sumber energi terbarukan, sehingga energi ini dapat diperoleh dari sumber-sumber yang dapat diproduksi kembali, salah satunya yaitu tumbuhan yang ada di alam

Dimas15 September 2022

Potensi sumber daya alam negara Indonesia tidak hanya berasal dari matahari, air, dan angin saja lho. Salah satu sumber daya yang memiliki potensi yang besar adalah biomassa. Sumber daya ini banyak dijumpai di sekitar kita, bahkan sering diabaikan karena dibuang begitu saja. Namun pemanfaatan biomassa sudah mulai dikembangkan di Indonesia. Di beberapa daerah berupa alat pengolah bahan organik menjadi biomassa untuk menghasilkan listrik. 

Definisi Biomassa

Biomassa merupakan sumber energi yang diperoleh dari tumbuhan. Terdapat beberapa contoh energi biomassa diantaranya :

  • Biogas
  • Limbah Pertanian
  • Tanaman Energi

Potensi terbesar ada dalam Hutan Tanaman Energi. Tanaman yang digunakan adalah kelapa sawit, tebu, karet, kelapa, sekam, jagung, dan singkong.

Tanaman energi merupakan sumber bahan bakar energi biomassa dari limbah kebun maupun hutan. Tanaman energi yang ideal menghasilkan banyak biomassa dalam waktu singkat. Untuk membuatnya menjadi ekonomis, tanaman harus menghasilkan biomassa tanpa pengelolaan pupuk yang berlebihan.

Jenis biomassa tanaman energi

Tanaman Sorgum

Sorgum digunakan sebagai bahan bakar energi biomassa. “Kandungan lignoselulosa Sorgum menjadi etanol sumber bahan bakar"

Sawit

Ragam sawit yang digunakan adalah tandan buah kosong, serat buah, cangkang, batang pohon, pelepah serta Palm Oil Mill Effluent (POME). Kebanyakan biomassa sawit terdiri dari e70% pelepah pohon sawit, tandan buah kosong 10% dan batang sawit 5%.

Karet

Pemanfaatan karet secara maksimal sebagai bioenergi antara lain untuk pembangkit listrik. Jika dalam bentuk selulosa akan mengurangi penggunaan energi fosil. Selain itu dapat dibuat menjadi biobriket.

Tebu

Bagian batang ampas tebu pabrik gula pada umumnya digunakan untuk menghidupkan turbin. Listrik yang dihasilkan untuk menggerakan mesin prosesing tebu. 

Teh

Biomassa tanaman teh dimanfaatkan oleh masyarakat di bagian rantingnya. Ranting tanaman yang sudah tua potensinya cenderung rendah.

Jarak Pagar

Pemanfaatan jarak pagar sebagai biodiesel tidak akan mengganggu penyediaan kebutuhan minyak makan nasional. 

Kemiri Sunan

Biji tanaman dapat diproses menjadi minyak pengganti solar atau biodiesel.

Biji Nyamplung

Biji nyamplung (Calophyllum inophyllum Linn) merupakan salah satu bahan baku biodiesel dengan  kandungan minyak 60-70%. Sementara tempurung dan ampas biji nyamplung dapat dimanfaatkan sebagai arang aktif.

Proses pembuatan bioethanol

Proses Pembuatan bioethanol melalui beberapa tahap yaitu:

  1. Proses likuifikasi 
  2. Proses fermentasi
  3. Proses pemurnian
  4. Penentuan kadar alkohol

Biodiesel

Proses pembuatan biodiesel umumnya dihasilkan dari proses transesterifikasi dengan bahan baku minyak nabati atau lemak hewan yang direaksikan dengan senyawa alkohol seperti metanol.

Bahan baku tersebut mengandung rantai trigliserida yang  disederhanakan menjadi rantai methyl esters monogliserida dengan bantuan katalis basa (NaOH, KOH, atau sodium methylate) untuk menghasilkan campuran ester metil asam lemak dengan produk ikutan gliserol.

Sekian ya pembahasan mengenai potensi biomassa yang ada di Indonesia, semoga dapat dikembangkan dengan baik, dan dapat mewujudkan kemandirian energi. 

Share:

0 Komentar