Pengetahuan

5 Sumber Energi Baru Terbarukan Yang Sudah Dikembangkan di Indonesia

Penggunaan Energi Baru Terbarukan menjadi salah satu usaha pemerintah dalam mengurangi penggunaan energi berbahan bakar fosil yang memiliki jumlah terbatas di Bumi, berbeda dengan Energi Baru Terbarukan yang mengalami proses yang berkelanjutan dengan

Ed21 September 2021

Energi baru terbarukan merupakan sumber energi yang tidak pernah habis karena dapat diperbaharui. Sedangkan Indonesia memiliki Potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang berlimpah. Berikut 5 sumber Energi terbarukan yang sudah dikembangkan di Indonesia.

1. Energi Surya 

panel surta pembangkit listrik tenaga surya

Energi Surya atau yang biasa kita kenal energi matahari merupakan energi yang berasal dari panas dan paparan cahaya matahari. Energi matahari dapat dimaaatkan untuk menghasilkan energi listrik dengan Panel Surya yang memanfaatkan teknologi Fotovoltaik. Fotovoltaik (PV) merupakan teknologi yang dapat mengkonversi energi surya menjadi energi listrik, yang akan disimpan pada baterai.

PLTS di Indonesia sudah banyak digunakan dan dikembangkan untuk menyediakan pasokan listrik untuk masyarakat, PLTS termasuk pembangkit listrik yang ramah linkungan karena tidak menghasilkan emisi karbon dan memiliki sumber daya yang tidak terbatas.

2. Energi Angin

kincir angin

Energi Angin merupakan salah satu energi baru terbarukan yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik yaitu dengan cara memanfaatkan kecepatan angin untuk memutar turbin yang akan memberikan putaran pada poros rotor sehingga generator dapat menghasilkan energi listrik, yang biasa kita kenal dengan istilah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)

3. Air

pembangkit listrik tenaga air

Air merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi Mahkluk hidup dan memilik jumlah yang tidak terbatas serta memiliki sejuta manfaat. Air menjadi salah satu energi baru terbarukan yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi listrik pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), yaitu dengan cara memanfaatkan energi potensial air untuk menggerakan turbin yang terhubung ke generator sehinga generator dapat menghasilkan energi listrik.

PLTA sudah banyak digunakan di Indonesia dimana Indonesia merupakan negara yang memiliki kawasan aliran sungai yang luas sehingga pengembangan PLTA dapat dikembangkan secara maksimal.

4. Energi Panas Bumi (Geothermal Energy)

panas bumi

Energi Panas Bumi adalah energi panas yang terdapat dan terbentuk di bawah kerak bumi, sumber energi panas yang terkandung  pada energi panas bumi diantaran air panas, uap air, serta batuan bersama mineral dan berbagai jenis gas. Untuk mendapatkan energi panas bumi perlu melakukan pengeboran dan penambangan untuk mencapai titik terdalam di mana sumber panas bumi berasal, yang mana bagus untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Pembangkit listrik tenaga panas bumi dibangun di daerah yang berdekatan dengan empeng tektonik karena terdapat sumber panas bumi.

Mampir juga ke

5. Biomassa

eneergi biomassa dari tanaman

Biomassa merupakan senyawa organik yang berasal dari tanaman budidaya, sampah organik dan tersusun dari berbagai macam bahan organik. Biomassa dapat menghasilkan energi primer yang berbentuk cair yang dapat digunakan sebagai bahan bakar nabati dan yang berbentuk gas dapat digunakan sebgai biogas. Energi primer dari biomassa dapat diubah menjadi energi sekunder menjadi sumber listrik berbahan bakar nabati.

Terlepas dari banyaknya kelebihan energi baru terbarukan, juga memiliki kekurangan seperti energi angin yang kecepatannya bervariasi setiap saat, energi surya yang hanya tersedia pada saat siang hari, energi air yang memerlukan fasilitas seperti bendungan agar debit air terjaga, dan biomassa memiliki masalah jumlah sisa bahan pertanian terkait adanya hama.

Share:

0 Komentar