Pengetahuan

Power Plant dari Pasang Surut Air Laut

Pembangkit listrik pasang surut berasal dari sumber energi yang terbarukan, dapat digunakan untuk jangka yang panjang

Fachrizar Abimanyu27 Agustus 2021

Energi merupakan suatu sektor yang vital bagi suatu perkembangan peradaban manusia. Hal ini terbukti dengan adanya revolusi industri yang menggunakan sumber energi batu bara sebagai bahan untuk menjalankan mesin produksi. 

Permintaan energi yang tinggi membuat manusia di masa sekarang mengerti bahwa tidak selamanya mereka dapat menggunakan energi dengan bahan dasar yang didapat dari alam yang lama untuk dapat diperbarui bahkan sebagian besar tidak dapat diperbarui. Pemanfaatan energi baru terbarukan (renewable) bisa menjadi salah satu solusi untuk terbatasnya energi fosil.

Apa yang dimaksud dengan energi arus laut

Energi arus laut merupakan energi terbarukan yang diakibatkan oleh pasang surut air laut. Potensi energi arus di Indonesia sangat besar dan saat ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal, kurang lebih karena harganya mahal. 

Namun, meskipun harganya mahal, harga perawatannya cukup murah dan cara kerjanya pun sebenarnya sederhana. Cara kerjanya tidak terlalu berbeda dengan pembangkit listrik tenaga air, keduanya memanfaatkan pergerakan air untuk memutar turbin.

Bagaimana mekanisme dari pembangkit listrik tenaga arus laut

Mekanisme kerja dari pembangkit listrik ini adalah bagaimana ombak itu mengubah energi kinetik dan mekanik yang kemudian mampu menggerakkan turbin sebagai penghasil energi listrik. Adapun kita tahu bahwa pembangkit listrik sangat bergantung pada 3 faktor kinerja yaitu kondisi geografis, kondisi lingkungan, serta arus laut. 

Bagaimana cara kerja pembangkit listrik tenaga arus laut

Alat ini memanfaatkan perpindahan massa air saat terjadinya pasang surut. Secara teknis, ketika terjadi gelombang pasang maka air pasang akan masuk ke dalam bendungan, saat masuk ke dalam bendungan air pasang tersebut dapat memutar turbin yang dipasang di bagian bawah. 

Kemudian ketika air surut, air tersebut akan keluar dari bendungan sehingga dapat memutar turbin kembali. Begitulah bagaimana daya dihasilkan. Pembangkit daya tenaga pasang surut ini menjamin stok energi yang pasti karena pasang surut air laut dapat diperkirakan datangnya.

Bagaimana cara membuat pembangkit listrik tenaga arus laut

Pembangkit daya tenaga pasang surut air laut sangat mahal harganya. Sebelum membangun, para ahli biasanya melakukan kalkulasi potensi gelombang laut di daerah tersebut. Tujuannya untuk mengukur seberapa banyak energi yang dapat dihasilkan jika mereka membangun alat itu di sana. 

Hal yang diperlukan seperti data kecepatan angin rata-rata, lalu dikalkulasi agar bisa menemukan potensi daya dari gelombang laut tersebut. Alat yang digunakan dalam mendukung pembangunan ini seperti Turbin dan generator.

Berapa kecepatan arus pasang surut laut di Indonesia

Di Indonesia, kecepatan arus pasang-surut di perairan pantai umumnya kurang dari 1,5 m/detik. Sementara itu, di selat-selat di antara Pulau Bali, Lombok, dan Nusa Tenggara Timur, kecepatannya bisa mencapai 2,5-3,4 m/detik. 

Arus laut dan kondisi lingkungan merupakan produk vital dalam menjalankan proyek ini. Pembangkit listrik tenaga pasang surut ini juga memiliki spesifikasi khusus untuk mengoperasikannya.

Melihat penerapan di NTT, pemasangan sudah dilakukan karena arus di perairan di sana sangat mendukung kerja dari turin tersebut.. Gelombang laut harus mencakup 8.000-80.000, arus laut dan tidal 800 TWh per tahun, dan salinitas air laut di angka 2.000 TWh.

Kelebihan dari pembangkit listrik tenaga arus laut

Kelebihan dari pembangkit listrik ini adalah Energi pasang surut mampu menghasilkan listrik hanya disaat gelombang pasang yang rata-rata sekitar 10 jam setiap hari. Ini berarti bahwa energi pasang surut adalah sumber energi intermiten (seperti surya dan angin). 

Energi pasang surut air ini sangat bermanfaat di Indonesia, dikarenakan Indonesia adalh salah satu Negara kepulauan yang hampir 50%nya merupakan laut. 

Pembangkit listrik ini dapat diprediksi karena dipengaruhi oleh pergerakan bumi dan serta gravitasi bulan dan matahari, sedangkan untuk pembangkit listrik lainnya (Matahari dan angin) sangat bergantung pada perubahan cuaca apalagi terlihat perubahan cuaca yang kadang tidak menentu sehingga sangat sulit untuk diprediksi. 

Kekurangan dari pembangkit listrik tenaga arus laut

Namun dibalik kelebihan tersebut, pembangkit listrik pasang surut juga memiliki kekurangan yaitu pembangkit pasang surut sangat mahal dibangun karena medan pembangunan yang agak sulit serta turbin yang dibutuhkan juga harus mampu tahan terhadap tingkat korosi yang tinggi.

Sumber :

Lusi, M. A. (2020). Studi Pemanfaatan Pasang Surut Air Laut Untuk Pembangkit Daya. Musamus University Journal of Electro & Mechanical Engineering, 2(2). Merauke. https://www.ejournal.unmus.ac.id/ind ex.php/Elektro/article/view/3074

Agus Mahardiananta, I. M., Hartati, R. S., & Dharma, A. (2017). Analisa Potensi Energi Pasang Surut Air Laut di Selat Pulau Serangan. Jurnal SPEKTRUM, 4(1), 15. https://doi.org/10.24843/spektrum.20 17.v04.i01.p03.

 

 

Share:

0 Komentar