Teknologi

Mengenal Apa Itu Software Scilab?

Apasih Scilab itu? Bagaimana penggunaannya ketika diaplikasikan dalam bahasa pemrograman

Krysna Yudha Maulana10 Oktober 2022

Pengertian Scilab

Scilab adalah paket komputasi numerik lintas platform gratis dan open source serta bahasa pemrograman berorientasi numerik tingkat tinggi. Ini dapat digunakan untuk pemrosesan sinyal, analisis statistik, peningkatan citra, simulasi aliran, optimisasi dan pemodelan numerik, simulasi sistem dinamis eksplisit dan implisit, dan manipulasi simbolis.

Bahasa Pemprograman

Scilab adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi numerik. Bahasa ini menyediakan lingkungan pemrograman yang diinterpretasikan yang menggunakan matriks sebagai tipe data utama. Memecahkan banyak masalah numerik dalam lebih sedikit baris kode daripada solusi serupa menggunakan bahasa tradisional seperti Fortran, C, atau C++ dengan menggunakan komputasi berbasis matriks, pengetikan dinamis, dan manajemen memori otomatis dapat dinyatakan karena memungkinkan pengguna membuat model dengan cepat untuk berbagai masalah matematika.

Bahasa ini menyediakan operasi matriks sederhana, tetapi paket Scilab menyediakan perpustakaan operasi tingkat yang lebih tinggi seperti korelasi dan operasi multidimensi yang kompleks. Scilab juga menyertakan paket gratis yang disebut Xcos untuk memodelkan dan mensimulasikan sistem dinamis eksplisit dan implisit, termasuk subsistem kontinu dan diskrit. Xcos adalah open source yang setara dengan Simulink oleh MathWorks.

Karena sintaksnya mirip dengan MATLAB, Scilab menyertakan penerjemah kode sumber untuk mendukung konversi kode dari MATLAB ke Scilab. Scilab tersedia secara bebas di bawah lisensi open source. Karena sifat perangkat lunak open source, beberapa kontribusi pengguna dimasukkan ke dalam program utama.

Dasar-dasar Scilab

Scilab dapat dimulai dari menu Start. Scilab-X.Y.Z Scilab-X.Y.Z (dengan X.Y.Z adalah versi Scilab). Anda juga dapat menjalankan Scilab dengan mengklik dua kali ikon Scilab di jendela desktop Anda. Setelah menjalankan perintah, jendela Scilab akan muncul. 

Gambar 1
Jendela ikon Scilab

Jendela ikon Scilab menunjukkan bahwa Scilab siap menerima pesanan yang akan datang.

Contoh sebuah perintah sederhana

Variabel dan Ekspresi

Variabel adalah nama yang digunakan untuk menyimpan nilai suatu objek.

Notasi pernyataan penugasan adalah:
x = ekspresi. x adalah nama variabel dan ekspresi adalah rumus.

Nama variabel dalam Scilab bersifat case sensitive, jadi xawal adalah dua variabel yang berbeda.

Operator dan Fungsi Matematika

Operator untuk perhitungan aritmatika sama dengan kalkulator dan perangkat lunak lainnya. Yaitu, +, -, *, /, ^, penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, eksponensial. Scilab dilengkapi dengan banyak fungsi untuk perhitungan matematis, seperti sqrt, abs, exp, sin, cos, tan.

Bilangan kompleks

Scilab  juga dapat menangani bilangan kompleks dan operasi matematikanya.

Matriks dan Vektor

Salah satu kelebihan Scilab adalah kemampuannya untuk menangani berbagai macam operasi manipulasi pada data dalam bentuk matriks. Pada dasarnya semua data numerik di Scilab ditampilkan sebagai matriks.

Vektor dan skalar adalah bentuk khusus dari matriks. Vektor adalah matriks yang hanya memiliki satu baris atau kolom, dan skalar adalah matriks yang hanya memiliki satu elemen.

Operasi berbasis vektor

Scilab memudahkan untuk melakukan operasi matematika umum pada objek matriks dan vektor tanpa menggunakan loop.

Pengguna Scilab Scilab

Banyak digunakan dalam pendidikan, penelitian, dan industri di seluruh dunia. Scilab diperkirakan telah diunduh lebih dari 20.000 kali dalam satu bulan. Berikut adalah daftar pengguna Scilab baik di dunia akademis maupun industri:
ENPC, INRIA, CEA, Ecole Polytechnique, Universitas Nasional Australia, Universitas New England, Institut Teknologi India, Universitas Tsinghua, CNES, EADS, Dassault Aviation, Thales, Anagram Technologies, Klippel, Renault, Peugeot PSA.

Share:

0 Komentar