Kreatifitas

Mengenal Robot Robotino Dari Festo

Sudah taukah kalian tentang robot yang bernama robotino? , Kalau belum tau yuk simak artikel beriikut ini

Krysna Yudha Maulana2 Oktober 2021

Apa Itu Robotino ?

Robotino adalah sebuah robot yang dibuat oleh perusahaan robot bernama Festo Didactic .Robot ini dibuat dengan tujuan menjadi robot edukasi untuk pelajar maupun mahasiswa, riset dan juga kompetisi robot.

Fitur-Fitur Robotino

Didalam robotino terdapat beberapa fitur untuk menunjang pembelajaran,riset maupun kompetisi. Robotino memiliki fitur sebagai berikut :

Omni-directional drive

Merupakan driver roda yang mengatur pergerakan dari robot itu sendiri, dan untuk rodanya menggunakan roda khusus yang dikenal dengan roda omni yang berjumlah tiga roda disetiap robot robotino ini

Bumps sensor

Bumps sensor merupakan salah satu sensor yang ada di robotino sensor ini berguna untuk melindungi bodi robotino saat terbentur halangan berupa tembok atau object lainnya.

Infrared distance sensor

Infrared distance sensor , sensor ini digunakan untuk mengetahui jarak antara halangan tembok atau object tertentu dengan robot sehingga robot dapat mengetahui jarak untuk memungkinkan tidak menabrak object tersebut

Usb webcam

Usb Webcam merupakan sebuat port usb yang digunakan untuk memasang webcam yang biasanya webcam ini digunakan untuk mengolah data berupa gambar baik itu warna bentuk bahkan jarak yang kemudian diproses oleh prosesor untuk aksi tertentu.

Robotino didesain modular

Sehingga dapat dengan mudah ditambahkan berbagai akesesoris pelengkap, seperti sensor laser scanner, gyroscope, dan postioning system Northstar dalam ruangan atau yang dikenal dengan ROS 

Spesifikasi Robotino 

gambar dari robotino

Untuk robotino sendiri sampai sekarang yaitu tahun 2021 terdapat 3 versi yang setiap versinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan berikut merupakan spesifikasi dari robot robotino versi pertama :

1. 1 buah chasis

2. 3 buah drive unit

3. 2 buah baterai

4. 1 buah command bridge

5. 1 buah kamera

6. 1 buah soket konektor VGA

7. 2 buah USB ports

8. 1 buah ethernet

9. 9 buah sensor infrared

10. 3 buah incremental encoder

11 1 buah anti-coallision sensor

12 1 buah wireless LAN access point

13. 1 buah compact flash card

14. 1 paket I/O interface tambahan

Pemprograman Robotino

skema pemrograman robotino

Untuk pemprograman robotino menggunakan sebuah software yang bernama robotino view .Robotino View ini sendiri merupakan sebuah software yang didalamnya terdapat fungsi-fungsi untuk mengontrol seperti pemprosesan pergerakan, pemprosesan data sensor dan pemprosesan data gambar.

Untuk penggunaan software ini kita mengambil dari menu yang disediakan terdapat dua menu dasar yaitu menu flowcart dan menu sub. Menu flowcart merupakan tempat penyusunan dari beberapa sub yang difungsikan untuk mengatur alur program. sedangkan menu sub digunakan untuk pengisian program-program tertentu.

Sekian artikel yang membahas tentang robotino , untuk pertanyaan lebih lanjut bisa ditanyakan di kolom komentar dan nantikan artikel selanjutnya. 

Share:

0 Komentar