Pengetahuan

10 Hal Yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru

10 hal yang wajib dilakukan oleh mahasiswa baru ketika masuk dunia perkuliahan. No. 10 sangat penting dilakukan sejak dini.

Bagi kalian mahasiswa baru yang masih bingung harus ngapain ketika pertama kali masuk dunia perkuliahan, nih ada beberapa hal yang wajib kalian lakukan sebagai mahasiswa baru. Lalu apa saja hal tersebut, berikut adalah 10 hal yang wajib dilakukan mahasiswa baru :

mahasiswa baru
Ilustrasi Mahasiswa Baru (freepik.com/freepik)

1. Kenali Kampus

Setiap tahun kampus memilki agenda yaitu pengenalan kehidupan kampus mahasiswa baru (PKKMB) atau biasa disebut dengan masa ospek mahasiswa baru. Nah kalian bisa memanfaatkan masa ini untuk lebih mengenal tentang seluk beluk kampus kalian mulai dari tata tertib, birokrasi penting, proses pembelajaran, hingga program apa saja yang bisa mengembangkan potensi diri kalian.

2. Cari Teman Baru

Mencari teman dan membangun relasi adalah sama pentingnya dengan mendapatkan nilai yang tinggi. Karena dengan teman yang banyak akan banyak manfaat yang kalian dapatkan seperti akan tambah semangat belajar, saling berdiskusi tentang tugas kuliah, mendapatkan info penting, dan yang lainnya.

3. Pelajari Proses Belajar

Mempelajari bagaimana proses pembelajaran dalam kuliah juga sangat penting bagi kalian yang baru saja masuk dunia perkuliahan. Tujuannya agar kalian tidak kaget dan cepat beradaptasi dengan proses pembelajaran yang berbeda dengan proses yang sudah kalian alami di bangku sekolah dulu.

Pahami mulai dari sistem KRS, SKS, IPK, hingga perjanjian pekuliahan yang biasanya akan disampaikan oleh dosen ketika awal semester.

4. Jalin Komunikasi Dengan Kating

Komunikasi dengan kating (kakak tingkat) atau senior juga salah satu hal yang wajib kalian lakukan untuk mempermudah perkuliahan kalian. Kalian bisa mencari info apa saja yang kalian anggap penting seperti tentang karakteristik dosen, proses pembelajaran di jurusan kalian dampai info penting yang ada di jurusan kalian.

5. Kenali Karakteristik Dosen

Dosen yang mengajar di kelas kalian tentu tidak hanya satu bukan, maka dari itu penting sekalia mengenal lebih dalam tentang karakteristik dosen satu persatu. Tidak harus sampai personal namun cukup pahami saja cara beliau mengajar di dalam kelas. Dengan mengenali karakteristik dosen kalian akan lebih mudah menjalani proses perkuliahan yang ada.

6. Cari Info Beasiswa

Yang tak kalah pentingnya adalah kalian wajib mencari info tentang beasiswa apa saja yang ada di kampus kalian. Beasiswa biasanya bisa berasal dari internal kampus seperti bantuan keringanan administrasi, atau eksternal kampus seperti dari pemerintah, pihak swasta, dan instansi-instansi yang sudah bekerja sama dengan kampus kalian.

7. Aktif Kegiatan di Kampus

Pernah dengar mahasiswa kupu-kupu? Yaitu singkatan dari mahasiswa kuliah pulang kuliah pulang yang biasanya ketika perkuliahan selesai mereka akan langsung pulang ke kost atau kontrakan untuk nerusin rebahan dan kegabutannya.

Padahal masih banyak hal yang bisa kalian lakukan di kampus untuk tujuan meng-upgrade kemampuan diri kalian. Berbagai macam hal yang bermanfaat bisa kalian lakukan seperti mengikuti organisasi mahasiswa, ikut UKM, ikut seminar, dan masih banyak lagi.

8. Cari Peluang Upgrade Diri

Berbagai macam peluang yang ada di kampus bisa kalian lakukan untuk meupgrade kemampuan kalian baik itu keras (hardskill) ataupun lunak (softskill). Carilah program atau kegiatan yang kalian sukai dan bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri kalian seperti halnya aktif berorganisasi, mengikuti program pertukaran pelajar, ikut program magang, ikut berbagai macam pelatihan softskill, dan yang lainnya.

9. Pintar Manajemen Waktu

Ketika kalian sudah memutuskan untuk berkuliah dan aktif kegiatan yang ada di kampus juga, kalian wajib melakukan sejak mahasiswa baru adalah pintar mengatur waktu yang ada. Jangan sampai kalian malah harus mengorbankan salah satu dari kegiatan yang kalian lakukan atau justru perkuliahan kalian yang tidak terurus.

Kemampuan mengatur waktu ini bisa kalian latih dan dilakukan secara terus menerus biasanya dengan menerapkan skala prioritas yang sudah kalian bikin sebelumnya.

10. Terus Semangat Kuliah

Yang terakhir ini tak kalah pentingnya dengan semua hal yang sudah dijelaskan diatas yaitu tanamkan pemikiran untuk tetap terus bersemangat menjalani perkuliahan meskipun terkadang hambatan dan kendala itu pasti akan datang menghadang. Selalu berpikiran yang positif dan fokus pada apa yang kalian mimpikan akan mampu membakar semangat kalian secara terus menerus.

 

Demikian lah ulasan tentang 10 hal yang wajib dilakukan mahasiswa baru dalam menjalani masa perkuliahan. Semoga bermanfaat, like jika kalian suka dank omen tentang artikel apa lagi yang ingin dibahas, Terima Kasih.

Share:

0 Komentar