Pengetahuan

5 Pertimbangan Perusahaan Dalam Menerima Fresh Graduate

Setiap perusahaan pastinya mempunyai kriteria dan pertimbangan dalam hal merekrut kayawan, lantas apa sajakah itu? Simak ulasannya di bawah ini.

Bagi  kalian para kalian para mahasiswa semester akhir ataupun fresh graduate pasti lagi pusing mikirin modal apa saja yang harus disiapkan untuk melamar kerja. Nah pada dasarnya setiap perusahaan pasti punya pertimbangan-pertimbangan dalam merekrut karyawan.

Kalian harus tahu apa saja pertimbangan perusahaan pada saat melakukan perekrutan karyawan. Hal ini bertujuan agar kalian punya gambaran tentang pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan pada saat sesi wawancara berlangsung serta memperbesar peluang kalian untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut. 

Secara umum ada 5 pertimbangan perusahaan dalam menerima fresh graduate, berikut ulasannya :

cara fresh graduate menghadapi wawancara
Ilustrasi saat fresh graduate menghadapi sesi wawancara kerja (freepik.com/elleaon)

1. Attitude

Attitude sendiri merupakan cara seseorang bersikap dan berperilaku. Sikap pertama yang bisa dinilai oleh perusahaan adalah ketika kalian melaksanakan sesi wawancara dimana pihak perusahaan biasanya bertemu langsung dengan calon karyawan yang akan di rekrut. 

Sikap ini bisa saja menjadi tolak ukur sejak kalian memasuki ruangang wawancara hingga sesi wawancara berakhir. Sikap yang biasanya terlihat antara lain kepercayaan diri kalian, apakah kalian antusias melamar pekerjaan, seberapa kalian menghargai setiap pertanyaan dari sang pewawancara, dan masih banyak lagi. Jadi siapkan sikap terbaik kalian ya..

2. Skill

Skill merupakan kemampuan yang dimiliki oleh fresh graduate yang biasanya bisa berupa kemampuan keras (hard skill) ataupun lunak (soft skill). Untuk hardskill biasanya tolak ukurnya adalah nilai IPK kalian, jika nilai yang tertera bagus dan kalian juga menguasai tentu tidak akan ada kesulitan. Lain halnya dengan soft skill yang biasanya lebih mengarah ke kemampuan seseorang untuk berbicara/komunikasi, bekerja sama, disiplin, dan masih banyak yang lainnya.

3. Kegiatan selama di kampus

Kegiatan yang pernah kalian lakukan sebagai mahasiswa di dalam kampus pun menjadi salah satu pertimbangan perusahaan. Apakah kalian hanya kuliah lalu pulang begitu saja, atau masih ada kegiatan yang kalian lakukan seperti berorganisasi, ikut aktif dalam hal akademik (ikut kompetisi, penelitian dosen, dll), ataupun aktif berkegiatan yang lainnya. 

Karena hal ini bisa berkaitan dengan skill atau kemampuan yang kalian kuasai seperti kemampuan kalian manajemen waktu, disiplin, kerja sama, dan lain-lain. Jadi jika kalian punya modal pengalaman kegiatan di dalam kampus ini pasti mempunyai nilai plus dihadapan perusahaan.

4. Pengalaman yang dimiliki diluar kampus

Pengalaman di luar kampus juga bisa menjadi bahan pertimbangan perusahaan untuk merekrut fresh graduate. Bagi fresh graduate yang mempunyai pengalaman seperti bekerja paruh waktu, mengikuti program magang, ikut serta menjadi volunteer di luar kampus pasti akan mempunyai nilai plus di mata perusahaan.  Hal ini menunjukkan kalian tidak hanya aktif kuliah melainkan aktif juga di luar perkuliahan. Bisa saja kalian ceritakan pengalaman yang kalian miliki pada saat sesi wawancara berlangsung.

5. Wawasan yang luas

Wawasan luas disini biasanya dinilai pada saat sesi wawancara berlangsung. Biasanya pewawancara akan menanyakan pertanyaan di luar konteks keahlian namun masih dalam koridor ruang lingkup perusahaan tersebut seperti visi dan misi perusahaan, perusahaan yang bergerak dalam bidang apa, proses berjalannya perusahaan baik dari hulu hingga hilir, dan masih banyak lagi. Jadi sebelum menghadapi sesi wawancara ini pastikan kalian sudah mempelajari profil perusahaan yang kalian tuju ya.

Jadi sekian ulasan tentang 5 pertimbangan perusahaan dalam menerima fresh graduate, jika kalian masih berstatus mahasiswa tidak ada salahnya mempersiapkan portofolio sejak dini sebagai modal kalian memasuki dunia kerja nantinya. Semoga bermanfaat, like jika kalian suka artikel ini dan komentar tentang artikel selanjutnya yang akan dibahas. Terima Kasih.

 

 

Share:

0 Komentar