Teknologi

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker ) dan Fungsinya

ELCB adalah perangkat keamanan listrik untuk mendeteksi aliran arus tidak seimbang antara fase dan netral dalam suatu sistem listrik

Taufik Arif Saputra13 September 2023

Energi listrik adalah seperti pedang bermata dua, bermanfaat sekaligus berbahaya. Sayangnya banyak orang masih mengabaikan keamanan sistem kelistrikan rumah mereka. Namun, 73 % kebakaran di jakarta disebabkan oleh arus listrik pada tahun 2016.

Selain menjadi penyebab kebakaran, arus listrik juga berbahaya bagi manusia. Arus listrik 80 mA pada tubuh manusia dapat menyebabkan gangguan jantung atau kematian. Namun, konsumen harus melakukan pengamanan terhadap penggunaan tenaga listrik, menurut UU No. 30 Pasal 29 tahun 2009. Untuk mencegah arus listrik mengalir melalui manusia dan hewan peliharaan ada alat bantu yang disebut ELCB. 

Pengertian ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

ELCB adalah perangkat keamanan listrik untuk mendeteksi aliran arus tidak seimbang antara fase dan netral dalam suatu sistem listrik. Di beberapa negara, ELCB juga dikenal sebagai RCD (Residual Current Device) atau GFCI (Ground Fault Circuit Interrupter)

Fungsi ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Fungsi utama ELCB adalah untuk melindungi peralatan dari bahaya arus bocor yang menyebabkan kerusakan peralatan elektronik. Jika arus bocor melebihi ambang batas, ELCB akan secara otomatis memutus aliran listrik untuk mengurangi resiko.

Untuk melindungi sirkuit individu, ELCB dapat dipasang pada panel distribusi listrik atau langsung pada stop kontak listrik. Beberapa ELCB modern memiliki fitur tambahan seperti indikator visual atau alarm suara yang memberi tahu pengguna.

Penggunaan ELCB sangat penting untuk menjaga keselamatan penggunaan listrik karena dapat melindungi peralatan elektronik yang sensitif terhadap arus yang tidak stabil. Namun, perlu diingat bahwa ELCB tidak berfungsi sebagai pengganti pengaman listrik lainya. MCB berfungsi melindungi dari bahaya arus bocor, sedangkan ELCB berfungsi untuk melindungi dari kelebihan arus dan arus pendek.
 

Cara Kerja ELCB

Prinsip dasar ELCB adalah perbedaan arus listrik antara fase dan netral sirkuit. Ketika arus yang masuk melalui fase dan kembali melalui netral tidak seimbang, menunjukan ada aliran yang keluar dari sistem dan masuk ke tanah. Salah satunya karena hubungan pendek atau kebocoran arus. ELCB Mendeteksi perbedaan ini dan memutus arus dalam waktu kurang dari satu detik.

Cara kerja ELCB sangat mudah. Salah satu terminal kumparan relay terhubung ke bagian bodi logam peralatan yang dilindungi oleh ELCB dari kebocoran ke tanah, terminal lainya terhubung langsung ke tanah.

Jika terjadi kegagalan isolasi atau kabel fasa hidup menyentuh bodi logam peralatan, akan ada perbedaan tegangan antara terminal kumparan yang terhubung ke peralatan dan tanah. Perbedaan tegangan ini memungkinkan arus mengalir melalui kumparan relay.

Jika perbedaan tegangan melampaui batas arus yang mengalir melalui relay cukup untuk mengaktifkan dan memicu pemutus arus yang terkait. Perangkat ini unik karena ELCB tidak dapat mendeteksi kebocoran isolasi dibagian lain sistem. Hanya peralatan atau instalasi yang terhubung dengannya yang dapat dideteksi dan dilindungi. 

Sensitivitas ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker)

Tingkat sensitivitas ELCB adalah tingkat arus bocor yang dideteksi oleh perangkat tersebut sebelum memutus aliran listrik. Tingkat sensitivitas ini sangat penting karena menentukan sejauh mana ELCB dapat melindungi pengguna dan peralatan dari arus bocor. 

Berikut adalah beberapa tingkat sensitivitas ELCB yang umum digunakan: 

Sensitivitas 10 mA - 30 mA 

Tingkat sensitivitas ELCB ini paling umum digunakan di rumah tangga dan lingkungan residensial. Dirancang untuk melindungi penghuni rumah dan memutus aliran listrik jika terjadi arus bocor sebesar 10 mA hingga 30 mA  atau lebih tinggi. ini penting untuk melindungi manusia dan peralatan rumah tangga. 

Sensitivitas 100 mA - 300 mA 

ELCB dengan sensitivitas ini biasanya digunakan di sektor komersial dan industri. ELCB industri ini dapat mendeteksi dan memutus aliran arus bocor hingga 100 mA hingga 300 mA. Sehingga ,lindungi pekerja dan peralatan dari bahaya arus bocor yang menyebabkan kerusakan.

Kesimpulan

ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) adalah alat penting dalam sistem listrik. Berfungsi untuk mendeteksi dan memutus aliran listrik ketika mengalami kebocoran. Penggunaan ELCB meningkatkan keselamatan penggunaan listrik dan melindungi sistem listrik dari kecelakaan atau kerusakan yang disebabkan arus bocor.

Share:

0 Komentar