Fun Fact

Kenapa di Kota-kota Besar Gak Ada Tiang Listrik?

Pernah sadar gak sih kalau di kota-kota besar gak ada tiang listrik?

Pernah ke kota besar? Gak usah jauh-jauh ke New York atau London, pergi aja dulu ke Jakarta.

Nah, kalau sudah pernah pergi, coba deh dilihat, ada tiang listrik ga?

Mungkin di beberapa daerah kumuh dari metropolitannya ada ya, tapi kalau di pusat kotanya? Gak ada. 

Hal ini juga baru saya sadari pas nonton film No Way Home baru-baru ini.

Di film tersebut, kok spiderman gak nyangkut ya ke tiang listrik pas di pusat kotanya....? Begitu pikir saya. Bagi yang belum kebayang, coba deh nonton dulu cuplikan yang saya maksud. 

Lihat? Gak ada ya tiang listrik di film itu. 

Mungkin menurut kalian, itu adalah efek sinema semata, tapi faktanya memang demikian kok. Di kota-kota besar, sangat jarang menemukan tiang listrik. Sebab, karena kabel listrik mereka tertanam di bawah tanah.

Bukan hanya di kota tempat tinggal Spiderman, tetapi berbagai daerah di dunia pun menggunakan sistem serupa.

Gak ada tiang listrik, karena kabel listriknya ada di bawah tanah

Hal ini disebut Underground Cable System. Sedikit berbeda dengan yang biasa kita temui di Indonesia, yaitu Overhead Lines System.

Salah satu pembeda utamanya ya tempat mereka ditaruh. Kalau Underground di bawah tanah, kalau overhead menggantung di udara. 

Nah, kenapa kok pakai Underground Cable?

Alasan utamanya adalah estetika. Kota Metropolitan sudah wajib menjunjung tinggi estetika kota mereka.

Simpel, mereka itu ikon bagi negara mereka. Supaya menjadi ikon, kota harus terlihat rapi. Kalau kotanya saja amburadul, gimana mau jadi panutan? Kira-kira begitu logikanya. 

Estetik gak nih?

Juga, seperti yang kita ketahui. Salah satu ciri metropolitan adalah banyaknya gedung pencakar langit. Nah, hal ini juga menjadi konsiderasi. Kalau misalnya ada tiang listrik, akan ada beberapa unsur seperti jarak minimal ke tanah. Bahkan gedung terdekat yang gak bisa dilaksanakan. Hal ini tentunya jadi problem dong.

Selain itu, ada satu unsur yang lebih mudah ditemui di metropolitan, yaitu jalur pedestrian yang lebar. Jalur pedestrian biasanya akan ditanami pohon yang mampu mengurangi teris panas matahari.

Sangat berguna bagi para pejalan kaki. Tentunya akan lebih rapi jikalau kita menggunakan underground cable system dibandingkan overhead lines

Ya, kira-kira itulah yang menjadi jawaban dari pertanyaan "kenapa kok di kota besar gak ada tiang listrik?" Makanya, superhero itu datangnya di kota-kota besar, kalau di kampung yang ada nyangkut di kabel listrik pas terbang. 

Share:

0 Komentar