Teknologi

Bagaimana bisa turbin angin menghasilkan listrik hanya dengan berputar diterpa angin?

Cara kerja dan komponen turbin angin sebagai alat/teknologi konversi energi

Hai Sonik, Sobat Teknik apa kabar kalian semua? Semoga sehat-sehat selalu yaaa… nah di artikel aku kali ini, aku mau ngebahas tentang turbin angin nih. Kalian semua pasti udah tau kan sob sama yang namanya turbin, ya tepat banget yaitu turbin merupakan alat atau teknologi konversi energi yang mengubah energi gerak (berputar) menjadi energi listrik. Turbin sendiri dibagi 2 macam dalam macam fluida nya, yaitu angin dan air. Nah yang mau kita bahas disini adalah turbin angin yang dapat berputar hanya dengan diterpa angin.

            Seperti yang udah dijelasin diatas kalau turbin itu alat konversi energi, lalu bagaimana dengan turbin angin? Pada dasarnya sama saja prinsipnya, turbin tetap mengubah energi gerak (berputar) menjadi energi listrik. Cara kerjanya sendiri turbin akan dibantu oleh hembusan atau terpaan angin yang menabrak bagian sudu turbin yang menyebabkan rotor (baling-baling) turbin berputar. Lalu apakah sesimple itu untuk dapat menghasilkan listrik? Tentu tidak, karena disamping komponen turbin seperti rotor barusan ternyata turbin membutuhkan komponen lainnya seperti komponen penerus daya, generator, sampai dengan transmisi. Berikut adalah penjelasan secara singkat dari komponen utama yang berperan dalam hal pengubahan angin menjadi listrik :

1. Turbin Angin

            Seperti yang dijelasin diatas, turbin sendiri mempunyai fungsi untuk menangkap energi angin dan mengubahnya menjadi energi gerak berputar. Komponen utama turbin terdiri dari rotor, sudu rotor/bilah, dan tiang penyangga

2. Gear Box

            Merupakan kumpulan gear atau roda gigi yang berfungsi untuk menaikkan putaran yang dihasilkan rotor turbin dengan tujuan agar putaran yang masuk ke generator lebih cepat/tinggi sehingga kerja generator lebih optimal dalam menghasilkan listrik.

3. Generator

            Komponen yang sangat penting pada turbin angin adalah generator. Komponen ini yang berfungsi merubah gerakan berputar rotor turbin menjadi energi listrik. Tidak bisa dibayangkan bukan kalau suatu turbin tidak ada generatornya, maka turbin hanya akan berputar sia-sia saja.

4. Transmisi dan konversi daya

            Transmisi dan konversi daya merupakan komponen pendukung pada turbin yang berfugsi menyalurkan dan mengubah aliran listrik yang dihasilkan oleh turbin angin agar dapat dimanfaatkan oleh pengguna listrik.

           

Sekian artikel tentang bagaimana cara kerja dan komponen apa saja yang terdapat pada turbin angin sehingga bisa menghasilkan listrik semoga bermanfaat bagi sobat teknik diluar sana, Terima kasih.

Share:

0 Komentar