Teknologi

Kenapa Turbin Angin Bewarna Putih?

Kok Turbin Angin Berwarna Putih? Kok bisa? Inilah Alasannya!

Putra Andi Kolala4 September 2021

Pada umumnnya turbin angin (ukuran yang besar) yang on field baik itu onshore maupun offshore didominasi dengan warna putih dan pernah ga sih lo meluangkan waktu untuk bertanya-tanya tentang kenapa sih turbin angin warnanya kok putih? Bagi sebagian orang mungkin hal ini terlihat temeh tapi bagi seorang engineer, it’s mean something boys. Let’s why it can be.

Alasan mengapa turbin memakai warna putih

Berikut merupakan alasan mengapa turbin angin memakai warna putih

  • International Aviation Law (Safety)

Warna putih dipertimbangkan sebagai warna yang netral dan tidak mengganggu (non-intrusive). Serta hal tersebut hampir sepenuhnya menyatu dengan warna awan jika dilihat dari bawah dan ini tidak masalah.

Undang-undang (peraturan) penerbangan internasional yang diterbikan oleh Federal Aviation Administration (FAA) terkait regulasi dan kebijakan yang dimuat pada Advisory Circulars tepatnya tentang AC 70/7460-1M - Obstruction Marking and Lighting terkhusus pada BAB 5 dan BAB 13 yang menyatakan bahwa struktur yang besar haruslah berwarna putih agar terlihat oleh pilot dari atas.

Pilot harus sepenuhnya menyadari kedekatan struktur tinggi setiap saat dan warna putih merupakan warna yang paling mencolok dihampir semua lingkungan. Disamping itu biasanya turbin angin menggunakan obstacle lightning dan atau red strip pada bagian sudu. Hal ini bertujuan untuk pilot agar tetap aware terhadap lingkungan dan mencegah kecelakaan.

Sumber: https://flightlight.com/products/l-864-red-medium-intensity-led-aviation-obstruction-lighting-system-for-wind-turbines-fts-350i/
Obstacle Lightning pada turbin
  • Proteksi

Disamping warna putih (lapisan dasar) yang diberikan, turbin juga dilapisi lapisan pelindung yang bewarna sama, hal ini bertujuan untuk melindungi turbin angin dari kondisi cuaca (hujan) demi mencegah karat dan memantulkan sinar matahari, yang mana dapat memanaskan komposit dan baja. Jika turbin angin bewarna hitam, energi panas matahari akan terserap dan menyebabkan struktur turbin tumbuh dan berubah bentu serta dapat merusak komponen dalamnya.

  • Tambahan

Di dunia ini tidak semua turbin angin didominasi bewarna putih. Sebagai contoh boat landing dari turbin angin offshore dibutuhkan warna kuning terang (menyala) dan beberapa turbin angin onshore menggunakan warna garis-garis hijau pada bagian base turbin agar menyesuaikan dengan rerumputan disekitar. Terlepas dari detail-detail tambahan ini, turbin angin sebagian besar tetap bewarna putih. Disamping itu pemilihan warna putih ini dapat mengurangi cost maintenance jika dibandingan dengan penggunaan warna hitam.

Begitulah kira-kira alasan kenapa turbin angin bewarna putih. Ingat ya bre, ini khusus dalam case ukuran yang gede, bukan ukuran yang kecil. Untuk ukuran turbin angin yang kecil ga harus ngikutin alasan-alasan diatas.

Tulisan ini merupakan gambaran umumnya, untuk lebih rincinya kita bisa diskusi dikolom komentar. Semoga tulisan gue ini dapat membawa pembaca menuju kesesatan yang benar. Thank u for read my articles.

Share:

0 Komentar