Fun Fact

Mengenal North Front Airport, Bandara dengan Palang Pintu Seperti Kereta

Palang pintu di jalan hanya untuk kereta api ? Eiiitttss, tunggu dulu, simak ulasan berikut mengenai North Front Airport yang punya palang pintu juga di jalan raya.

North Front Airport, Gibraltar merupakan salah satu bandara yang masuk ke dalam daftar bandara paling unik di dunia. Bandara North Front Airport bertaraf internasional dan tergolong ke dalam bandara kelas A. Selain itu, fakta menarik dari bandara tersebut adalah landasan pacu tersebut memotong Jalan Winston Churchill avenue yang merupakan jalan utama penghubung Gibraltar dengan negara Spanyol.

Dibangunnya landasan pacu dari bandara tersebut disebabkan karena luas wilayah Gibraltar hanya seluas 6,8 km persegi. Hal ini lah yang mengakibatkan bandara internasional Gibraltar harus berbagi dengan pengguna jalan raya terutama pada landasan pacu yang digunakan pesawat untuk landing dan take-off.

Palang pintu untuk pesawat

pesawat landing
4.bp.blogspot.com

Jalan Winston Churchill Avenue merupakan salah satu jalan arteri di Gibraltar. Setiap harinya pada jalan tersebut dilewati ratusan kendaraan, meningat jalan tersebut juga jalan penghubung kota Gibraltar dengan perbatasan Spanyol.

Namun, landasan pacu yang memotong jalan raya menghadirkan keunikan pada jalan tersebut. Keunikan tersebut adalah saat sedang ada pesawat yang akan take-off  atau landing. Palang pintu yang pada umumnya akan ditutup saat ada kereta api yang akan lewat, justru pada kota Gibraltar palang pintu akan digunakan untuk menutup jalan saat ada pesawat yang hendak landing atau take-off selama 10 menit.

Meski perjalanan disana harus terganggu akibat operasional pesawat disana, masyarakat sekitar tidak merasa terganggu karena pada Bandara Gibraltar hanya melayani rata-rata 30 kedatangan pesawat setiap minggunya, artinya dalam sehari ada sekitar 5 penerbangan di bandara tersebut.

Landasan Pacu yang Tergolong Ekstrim 

bandar udara Gibraltar
ramboll.com

North Front Airport, memiliki panjang landasan 1,8 km. Selain landasan yang memotong jalan raya, landasan pacu pada bandara tersebut di ujung landasan akan langsung berhadapan dengan laut.

Hal ini akan menjadi tantangan bagi setiap pilot yang akan take-off maupun landing dari bandara tersebut. Namun, dengan panjang landasan sejauh itu dan pada tiap ujung landasan langsung menghadap ke laut North Front Airport mampu untuk menampung pesawat sekelas Airbus tipe A320.

Salah satunya adalah maskapai British Airways yang paling sering melakukan penerbangan dari dan menuju North Front Airport. Maskapai tersebut menghubungkan kota Gibraltar dengan beberapa kota besar di Inggris seperti Manchester, Liverpool, dan London. Selain dapat digunakan untuk penerbangan komersial North Front Airport juga digunakan untuk penerbangan pesawat milik angkatan udara militer inggris seperti pesawat Royal Air Force.

Nahh itu tadi sedikit ulasan mengenai bandara di kota Gibraltar atau North Front Airport  salah satu bandara yang masuk ke dalam bandara dengan karakteristik terunik di dunia. Semoga dapat menambah wawasan :)

Share:

0 Komentar