Fun Fact

Bingung Setelah Lulus Mau Jadi Apa? 5 Pekerjaan Ini Cocok Untuk Lulusan Elektro

Sudah lulus tapi masih bingung cari kerjaan? Mungkin nyeleweng sedikit bisa jadi pilihan bagi lulusan teknik elektro.

Cari kerja itu sulit! Susah abis! Nah, mungkin daripada bersikap idealis, kita lebih baik menjadi realistis. Melipir sedikit ke lowongan sedang tidak baik seperti ini. Nah, ada 5 pekerjaan yang menurut penulis bisa menjadi pilihan untuk kamu yang mau menyeleweng, khususnya lulusan teknik elektro.

1. Toko Listrik

toko perlengkapan listrik

Saran ini ditujukkan untuk kamu yang mungkin punya modal. Entah pinjam bank atau pinjam ortu. Tetapi, intinya membuka toko listrik bisa menjadi pilihan ketika kamu kesulitan mencari kerja.

Namun, jangan hanya sebatas berjualan peralatan listrik, manfaatkan juga membuka jasa perakitan robot. Dijamin pasti jauh lebih cepat balik modal.

2. Sales Engineer

pekerjaan sales engineer

Menawarkan produk tentunya akan jauh lebih oke kalau kamu tahu spesifikasi dan juga keunggulan dari produk tersebut. Apalagi kalau kemampuan komunikasi dan juga keteknikan kamu joss!

Walaupun sales engineer tidak terlalu terlihat "teknik"nya, tetapi bisa jadi ladang rejeki untuk kamu. Tidak jarang kamu juga bisa mendapatkan komisi dari barang-barang yang berhasil kamu pasarkan. 

3. Guru Sekolah

Kalau ini sih mungkin dari pengalaman penulis kala SMA dulu. Salah satu guru fisika penulis saat SMA adalah seorang lulusan teknik elektro. Beliau pernah bekerja di perusahaan, tetapi kurang enjoy. Lalu, beralihlah beliau menjadi seorang guru fisika yang asik.

Penggunaan bahasanya mudah dimengerti, khas engineer banget deh. Nah, kalian juga bisa mengikuti jejak guru SMA penulis tersebut kalau punya passion mengajar. Menjadi guru punya dua pendapatan loh, yaitu uang serta pahala karena telah mencerdaskan generasi.

4. IT Consultant

pekerjaan it consultant

Siapa bilang kalau lulusan teknik elektro hanya bisa kerja sebagai teknisi arus lemah atau kuat? Lulusan Elektro juga bisa berkarya di bidang IT. Banyak loh lulusan elektro yang bekerja di bidang IT consultant.

Selain sebagai IT consultant, lulusan elektro banyak yang menjadi data analyst dan data scientist. Gajinya pun lumayan untuk ukuran fresh graduate. Serta gak menutup kemungkinan adanya jenjang karir untuk kamu di industri ini.

5. Software Engineer

pekerjaan software engineer

Anak elektro pasti dapat OOP, pemrograman teknik, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan IT. Namun, jangan salah! Berbekal pengetahuan programming dari perkuliahan, kamu bisa masuk di bidang software engineer. Mungkin kelihatannya sedikit jauh, tetapi sebenarnya dasar yang dipakai mirip dengan lulusan teknik elektro.

Sebenarnya masih banyak lagi, akan tetapi 5 pekerjaan di atas masih berhubungan walau menyeleweng. Selalu semangat bagi kalian yang sedang mencari pekerjaan! Jangan berputus asa, maju terus pantang mundur! Rejeki tidak akan datang kalau kamu tidak mengusahakannya.

Share:

0 Komentar