Fun Fact

Kenapa Size Lagu Semakin Besar Semakin Enak?

Pernah download musik sebesar 60MB? Kok suaranya beda ya dengan yang cuma 3MB?

Pernah dengar musik yang sizenya 60MB? Mungkin musik dengan format .FLAC adalah salah satu contohnya ya. Pastinya kamu juga pernah dong musik yang size nya hanya 3MB seperti MP3?! Nah kalau pernah, coba apa perbedaan di antara keduanya?

Pastinya musik yang memiliki besar file 60MB jauh lebih lembut dan lebih jelas ya. Apalagi kalau didengarkan dengan menggunakan Headphone, pastinya jauh lebih syahdu. 
 
Nah, pernah gak kamu mikirin, kenapa sih kok bisa yang 60MB lebih smooth dan jelas daripada 3MB? Apakah musik ini diskriminatif? Oh tentunya tidak saudara-saudara.

Perbedaan kualitas suara dipengaruhi konversi sinyal

Perbedaan kualitas suara tersebut karena konversi dari analog ke digital yang lebih smooth. Nah kalau belum tahu, sinyal analog itu adalah sinyal yang keluar dalam bentuk sinusoidal.

Ya seperti gelombang yang kalian pelajari di bangku SMA dan Fisika dasar lah. Sinyal analog inilah yang keluar dari mulut atau alat musik. Selain itu, sinyal analog ini pula dipakai dalam menyimpan suara pada piringan hitam.

Contoh sinyal analog

Sinyal analog

Nah, sinyal analog ini nantinya akan ditransfer dalam bentuk sinyal digital. Oh ya, sinyal digital sendiri adalah sinyal yang nilainya hanya berupa 1 atau 0. Dengan kata lain hanya berupa on atau off. Kalau anak-anak elektro pasti sudah mendapatkan basicnya di mata kuliah sistem digital.

Nah, sinyal digital ini memudahkan penyimpanan dan pemrosesan file pada barang-barang elektronik. Makanya , HP sekarang sudah bisa menyimpan lebih banyak lagu dibandingkan piringan hitam. Salah satunya karena si sinyal digital ini.

Kalau distorsi nya banyak, ya suara akan jadi jelek, tetapi size-nya akan jadi kecil. Sebaliknya, kalau distrosinya sedikit, maka size-nya akan jadi besar. Tetapi suara akan jadi lembut, smooth, dan enak banget. Oleh sebab itu, setiap format suara memiliki perbedaan ukuran file. Hal ini karena tergantung seberapa dekat sinyal analog yang dihasilkan kepada sinyal aslinya.

Perubahan ukuran mempengaruhi kualitas audio

Kalau distorsinya banyak, ya suara akan jadi jelek, tetapi sizenya akan jadi kecil. Sebaliknya, kalau distrosinya sedikit, maka sizenya akan jadi besar. Tetapi suara akan jadi lembut, smooth, dan enak banget.

Oleh sebab itu, setiap format suara memiliki perbedaan ukuran file karena hal ini tergantung kepada seberapa dekat sinyal analog yang dihasilkan kepada sinyal aslinya.

Untuk penggunaannya sendiri di sesuaikan saja dengan kebutuhan. Jikalau kita butuh untuk rekaman, film, dan lainnya, alangkah baik mengambil yang ukuran filenya besar. Kalau untuk didengarkan secara pribadi sih ambil yang paling kecil sizenya tidak apa-apa.

 

Share:

0 Komentar