Fun Fact

Mungkinkah Titan Ada di Dunia Nyata?

Apakah mungkin untuk kita membuat Titan di dunia nyata?

Anime Attack on Titan adalah salah satu anime paling laris dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Anime yang menghadirkan mahluk raksasa yang disebut Titan melawan manusia yang memperjuangkan kebebasan. Eits... tetapi artikel ini tidak akan membahas lebih jauh mengenai plot anime Attack on Titan. Kita akan membahas, mungkinkah ada Titan yang bisa hidup di bumi ini. 

Apakah Titan ada di dunia nyata?

Untuk mengetahui kemungkinan ada Titan di dunia ini, marilah kita berkenalan dulu dengan beberapa hukum-hukum fisika dan matematika di bawah ini.

Square-Cube Law

Sebelum masuk lebih dalam kepada pembahasan mengenai mungkinkah, kita kenali dahulu konsep bernama Square-Cube Law. Square-Cube Law merupakan hukum matematika yang menyatakan hubungan antara panjang sisi sebuah benda, dengan luas dan juga volume benda tersebut.

Sebagai contoh, ketika sebuah benda yang memiliki panjang sisi 1cm. Maka, luas yang dihasilkan akan menjadi 1cm2 dan volumenya akan bernilai 1cm3. Akan tetapi, kalau kita memiliki sebuah benda yang memiliki panjang sisi 2cm. Maka, luas yang dihasilkan akan menjadi 4cm2 dan volumenya akan bernilai 8cm3.
 
Sehingga, jika Titan memiliki panjang sekitar 15 meter, maka luasnya adalah sekitar 225m2 dan volumenya kira-kira sebesar 3375m3. Luas dan juga volume yang maha dahsyat. Kira-kira ini seukuran dengan gedung bertingkat di kawasan BSD.

Massa Jenis 

Selain daripada square-cube law, kita juga harus memperhitungkan massa jenis. Dengan anggapan bahwa massa jenis dari Titan sama dengan massa jenis manusia, di kisaran 980kg/m3. Maka, bisa diasumsikan bahwa massa Titan adalah sekitar 3 Megaton. Ini merupakan massa yang amat sangat luar biasa.  

Gravitasi

Pada akhirnya, kita akan masuk ke dalam satu faktor yang menentukan adanya Titan di dunia ini. Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa berat adalah salah satu gaya yang timbul sebagai konsekuensi dari adanya gravitasi. Maka, dengan aproximasi gravitasi bumi bernilai 10m/s2. Kita bisa mendapatkan bahwa gaya berat Titan setinggi 15m adalah 30 Juta Newton. 

Jikalau kita sudah melihat jumlah yang maha dahsyat seperti ini sih, bisa menyimpulkan bahwa tidak mungkin adanya Titan di dunia ini. Apalagi, seperti yang kita lihat, Titan terdiri dari otot yang maha tebal. Sudah pasti beratnya akan menjadi tidak terkira.

Meskipun, Titan tidak ada di dunia, manusia sebenarnya sudah pernah membuat benda gundam dengan ukuran 1:1 loh. Akan tetapi, wahana ini juga tidak bisa bergerak terlalu banyak karena gaya berat yang juga tentunya maha besar.

Nah, jadi bagaimana? Seru kan belajar dari anime? Selain hiburannya dapat, ilmunya pun bisa didapatkan pula.

Share:

0 Komentar