Pengetahuan

Kupas Tuntas Tentang Kabel Serat Optik

kabel fiber optik yang sekarang menjadi tulang punggung infrastruktur internet yang perlu kita ketahui saat ini

yunardhika16 September 2021

Pernahkah kalian bayangkan bagaimana anda bisa mendapat email, atau pesan pada jejaring sosial anda dengan sangat cepat?. Hal ini bisa terjadi karena adanya jaringan kabel yang diletakan di bawah tanah dan di bawah laut. 

Kabel yang menyalurkan seluruh data dunia ini adalah kabel serat optik, kabel serat optik juga sering digunakan di berbagai peralatan medis. Pada industri 4.0 saat ini teknologi kabel optik menjadi yang utama dibidang telekomunikasi dan informasi bersamaan dengan teknologi satelit dan radio wireles.

Pengertian kabel optik

Kabel optik sendiri adalah sebuah saluran penyalur data, yang terbuat dari serat kaca atau plastik yang digabung dalam satu kabel. Kabel optik terdiri dari ribuan serat dengan serat tunggal berukuran setebal rambut manusia. Serat optik bekerja dengan cara mengirimkan informasi dalam bentuk gelombang cahaya.

Teknologi kabel fiber optik tercipta karena kemajuan teknologi di bidang fisika fisika. Konsep fisika pada kabel optik terjadi karena interaksi cahaya terhadap indeks bias (pembiasan), dan pemantulan cahaya (refleksi). Sinar pantulan akan membentuk sudut yang sama dengan sinar datang kemudian sudut pembiasan akan berbanding terbalik dengan indeks bias merial tersebut.

pengertian kabel fiber optik

ilustrasi kabel fiber optik

Prinsip Kerja kabel optik

kabel fiber optik

Lalu bagaimana serat optik mengirimkan informasi seperti panggilan telepon atau sinyal internet ke perangkat kita? Caranya dengan mengubah informasi-informasi tersebut kedalam bilangan biner yaitu 0 dan 1. 

Setelah dikonversi dalam bentuk biner perangkat akan mentransmisikan 0 dan 1 itu dalam bentuk gelombang elektromagnetik. 1 akan ditransmisikan sebagai gelombang frekuensi tinggi dan 0 akan ditransmisikan sebagai gelombang frekuensi rendah. Kemudian menara tower akan menerima gelombang elektromagnetik tersebut dan jika gelombang elektromagnetik berfrekuensi tinggi maka akan diubah menjadi gelombang cahaya. 

Gelombang cahaya ini akan sangat mudah ditransmisikan melalui kabel optik. Gelombang cahaya jaringan kabel yang rumit untuk mencapai tujuan untuk membawa informasi. Untuk keperluan inilah kenapa diseluruh dunia dipasang kabel optik.​

Kelebihan dan Kekurangan kabel optik

Kenapa harus fiber optik? Kabel fiber optik memiliki banyak keunggulan sehingga dipilih dan digunakan sebagai kabel transmisi data di seluruh dunia. Kelebihan dari fiber optik sendiri adalah

  • Memiliki kecepatan transmisi yang cukup tinggi hingga kapasitas mencapai 1 GB/detik
  • Dapat mentransmisikan data dengan jarak yang cukup jauh tanpa sinyal penguat
  • Kabel optik memanfaatkan gelombang cahaya sehingga tidak terganggu kehadiran gelombang elektromagnetik
  • Tidak mengandung aliran listrik
  • Memiliki keamanan tinggi karena minim distorsi

Namun di setiap kelebihan pasti ada yang namanya kekurangan. Kekurangan dari fiber optik sendiri adalah

  • Biaya instalasi dan perawatan cenderung lebih mahal daripada jenis kabel lainya
  • Membutuhkan sumber cahaya yang kuat
  • Kabel harus terpasang dengan jjalur berbelok agar memaksimalkan kecepatan dan transmisinya
    penggunaan kabel fiber optik
Share:

0 Komentar