Pengetahuan

Mengenal Radiasi Dalam Keseharian Hidup Manusia

tidak selamanya radiasi berbahaya, ternyata ada manfaatnya juga dibalik sebuah radiasi

yunardhika28 Agustus 2021

Mendengar kata radiasi apasih yang Anda pikirkan ? Apasih dampak radiasi pada diri kita ? Saat ini banyak sekali yang salah dalam mengartikan sebuah radiasi.

Apa itu radiasi

Radiasi adalah sebuah pancaran dan perambatan energi melalui materi atau sebuah ruang dalam bentuk gelombang elektromagnetik atau partikel. Radiasi sendiri terbagi menjadi 2 macam yaitu radiasi ion dan radiasi non-ion.

Radiasi ion

Radiasi ion terdiri dari sinar-x, sinar gamma, beta, alfa, sinar kosmik, dan neutron. Radiasi ion biasanya lebih berbahaya daripada radiasi non-ion karena sifatnya  yang akan memberikan substansi bermuatan listrik terhadap objek yang dikenainya. Kondisi ini biasanya akan berpengaruh terutama bila objek yang dilaluinya adalah makhluk hidup.

Unsur penyusun makhluk hidup terkecil disebut sel, saat sel berinteraksi dengan radiasi ion energi dari radiasi ion akan terserap ke dalam sel dan akan menyebabkan perubahan kimiawi pada molekul yang terkandung didalamnya. Perubahan kimiawi ini yang umumnya dapat memicu terjadinya suatu kelainan genetik. Radiasi ion biasanya banyak dimanfaatkan untuk peralatan dan pengobatan medis.

Radiasi non-ion

Sedangkan radiasi non-ion sendiri sering sekali kita jumpai di sekeliling kita seperti cahaya tampak, gelombang mikro, gelombang radio, sinar ultraviolet, dan inframerah. Sinar ultaviolet yang terkandung pada matahari pagi merupakan sumber utama vitamin D yang sangat bermanfaat untuk tulang.

Inframerah biasanya banyak digunakan pada remot TV, sedangkan gelombang mikro biasanya digunakan pada mikrowave oven, gelombang radio tentunya digunakan pada radio dan perangkat elektronik yang memerlukan sinyal, dan pastinya kita tidak akan bisa melihat apapun tanpa adanya bantuan dari cahaya tampak. Karena radiasi non-ion tidak dapat memindahkan elektron atau mengionisasi atom dan molekul maka radiasi ini tidak sebahaya radiasi ion, radiasi ini juga memiliki frekuensi yang jauh lebih rendah dari pada radiasi ion

Apakah radiasi berbahaya bagi manusia

Apakah radiasi itu berbahaya bagi kita? Jawabanya bisa saja sangat berbahaya, lumayan berbahaya, atau bahkan tidak berbahaya. Tergantung dari sumber radiasi, jumlah dosis, dan berapa lama paparan radiasi.

Masih ingatkah kalian pada pelajaran sekolah dimana kota Hirosima dan Nagasaki dibom oleh Amerika Serikat, dari kejadian tersebut banyak werga yang mengalami luka bakar akibat dari radiasi yang akibat dari bom nuklir. Dampak radiasi terparah ada pada Peristiwa Chernoby yang memakan korban sebanyak 350.400 orang. Kejadian ini dinilai 200 kali lebih dahsyat dibandingkan Peristiwa Hirosima Nagasaki jika ditinjau dari efek radiasi yang ditimbulkan.

Saat ini kita hidup di dunia yang memiliki banyak sekali radiasi. Namun tidak perlu khawatir karena tidak semua radiasi berbahaya bahkan dari penjelasan diatas banyak sekali  manfaat radasi dalam kehidupan kita. Kita hanya perlu memahaminya supaya kita tidak merasa takut akan hal seperti sebuah radiasi.

Share:

0 Komentar