Pengetahuan

Transformasi Digital Pada Berbagai Bidang Yang Perlu Diketahui

percepatan transformasi digital yang merombak berbagi bidang dan sektor

yunardhika29 September 2021

Transformasi digital meurpakan proses penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya untuk melakukan kegiatan masyarakat di dunia usaha, industri, pemerintahan dan bisnis. Transformasi digital atau digital transformation merupakan proses dari perubahan teknologi menjadi lebih tinggi. Yangmana perubahan tersebut berkaitan dengan seluruh aspek kehidupan yang terdapat pada masyarakat.

Praktik tansformasi digital biasanya digunakan dalam konteks bisnis. Dan setelah pengenalan teknologi digital memicu lahirnya  model bisnis baru. Teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing, dan internet of things (IOT). Teknologi dasar seperti manajemen data, big data dan analitik digunakan untuk menganalisa data yang dihasilkan dari transformasi digital.

transportasi digital

Contoh Transformasi Digital pada berbagai bidang:

Transportasi

Dahulu untuk mencari transportasi umum harus pergi ke pangkalan ojek. Sekarang kita tidak perlu lagi pergi kepangkalan ojek untuk menggunakan jasanya.

Dengan menggunakan aplikasi, dapat memilih lokasi Anda berada dan alamat tujuan Anda. Kemudian driver akan pergi ketempat Anda dan mengantarkan Anda.

Komunikasi

Saat ini cara masyarakat berkomunikasi sangat berbeda di era digital saat ini. Hadirnya smartphone dan jaringan internet makin membantu masyarakat menjalin komunikasi dengan sesama. Walaupun yang dituju berada di negara yang berbeda.

transportasi digital

Bisnis

Saat ini pemasaran sudah dilakukan secara online. Beragam tampilan yang menarik dan kemudahan transaksi yang ditawarkan. Konsumen tidak perlu repot-repot untuk datang ke toko dan membeli barang yang diinginkan.

Alhasil konsumen dapat membeli barang lewat aplikasi atau online marketplace. Serta barang akan dikirimkan ke rumah atau lokasi yang dituju

Pendidikan

Seperti yang sudah dirasakan pendidikan jaman sekarang dilakukan secara virtual. Terutama dalam kondisi pandemi seperti ini. Dengan dilakukanya pendidikan virtual ini pembelajaran menjadi lebih luas dan tanpa batas.

Materi pembelajaran dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Serta materi pembelajaran makin beragam  karena sumber pembelajaran bisa darimana saja.

transformasi digital di ranah pendidikan

Itulah beberapa contoh transformasi digital yang perubahanya sangat cepat disekitaran kita. Sejatinya transformasi digital tidak berfokus pada teknologi saja. Terdapat namun unsur sosial dan budaya harus tetap dijaga supaya tidak tergusur oleh digitalisasi.

Untuk menjaga budaya dan nilai sosial tersebut maka perlu dilakukanya literasi digital. Literasi digital sangat penting pada transformasi digital. Karena dinilai mampu membuat seseorang berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, problrm solving, komunikatif, dan kolaboratif. Dengan demikian kita jadi melek teknologi dan tidak ketinggaan zaman.

 

Share:

0 Komentar